SIWO PWI Pusat dan PB WI Gelar Festival Wushu Indonesia

, Indotimes.co.id – Seksi Olahraga (SIWO) PWI Pusat bersama dengan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) siap menggelar Festival Wushu Indonesia I 2019, yang akan berlangsung di Wisma Serba Guna Senayan Jakarta, 20-22 Desember. Ajang yang diikuti para atlet junior dari berbagai kota di tanah air memperebutkan Piala Ketua umum PB WI dan Ketua PWI Pusat.

Sekjen PB WI Ngatino mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pembinaan atlet-atlet wushu usia dini dan usia muda, dan direncanakan akan dibuka resmi Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto, sekaligus pemberian bonus terhadap para atlet wushu nasional yang

Menurut Ngatino, gelaran perdana ini khusus hanya mempertandingkan nomor taolu (seni) pada sembilan kelompok usia mulai 6 hingga 15 tahun. Karenanya PB WI berterima kasih kepada SIWO PWI Pusat yang menginisiasi Festival Wushu ini, dan diharapkan akan bemunculan para atlet-atlet muda wushu berbakat.

Ngatino juga berharap gelaran ini dapat berlangsung secara berkesinambungan setiap tahunnya, sehingga kelak bisa menjadi agenda resmi dari PB WI.”Ke depan mudah-mudahan bukan hanya mempertandingkan nomor taolu tetapi dapat juga mempertandingkan nomor sanda atau tarung,” ujar Ngatino, kepada awak media di Jakarta, Rabu (18/12).

Ngatino menambahkan dari festival ini bisa terjaring dan lahir atlet junior yang bisa disiapkan lebih lanjut oleh PB WI menuju Kejuaraan Dunia Yunior tahun 2022 di Indonesia.

“Karena melalui Kongres IWUF 2019 di Shanghai telah ditetapkan Indonesia () menjadi tuan rumahnya. Sebagai tuan rumah pastinya harus memilih dan menyiapkan atlet sejak dini,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Wushu Indonesia I 2019 Azhari Nasution menjelaskan tujuan dari event ini adalah untuk memberi wadah kompetisi bagi pewushu-pewushu usia dini dan usia muda di seluruh Indonesia.

Menurut Azhari festival wushu ini akan diikuti sekitar 382 peserta daria berbagai kota di Indonesia. Tentunya dengan festival ini mampu menjembatani para atlet muda wushu berbakat dari berbagai untuk unjuk kebolehen mereka.

Sementara itu Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa mengatakan digelarnya festival wushu ini, sebagai wujud tanggung jawab pihaknya dalam membantu pembinaan olahraga di tanah air, khususnya dari cabang wushu.

“Kita tahu PB WI merupakan induk cabor yang tergolong berhasil dan berprestasi. Bukan hanya di level regional seperti SEA Games, Kejuaraan Asia dan tetapi sampai level kejuaraan dunia. yang sudah baik tersebut harus dijaga dan ditingkatkan.Dan salah satu caranya adalah dengan mendorong pembinaan di tingkat usia dini dan usia muda,” pungkasnya.