JAKARTA, Indotimes.co.id – Wakil Indonesia, Sofia Grace Santosa melaju ke perempat final tunggal putri Sportama ATF Asian Tennis 14 & Under Series di Jakarta.

Pada babak kedua, unggulan keempat ini memenangi duel sesama negeri atas Faye Srijaya, 6-2, 6-0. Hasil ini pun berhasil mengulang pencapaian di ajang serupa, akhir tahun lalu.

“Sejujurnya, aku bermain tidak begitu baik. Mungkin karena nervous, ya, aku banyak melepaskan unforced error. Selain itu, aku perlu memperbaiki pergerakanku dan menguatkan kuda-kudaku. Teknik juga perlu latihan lagi,” tutur Sofia usai bertanding dua jam di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Rabu (20/3).

Kemenangan straight set ini pun meloloskan Sofia dari perdelapan final untuk kali kedua. Petenis asal Jakarta ini berpotensi untuk melampaui posisi terbaiknya, peringkat ketujuh di turnamen antar belia Asia yang ia catat pada November 2023 lalu.

“Di turnamen ini, aku hanya ingin bermain baik di setiap pertandingan. Semoga aku meraih hasil terbaikku. Untuk mempersiapkan diri, aku berlatih keras. Istirahatku pun cukup. Makanku juga baik tiap hari,” ujar Sofia.

Di perempat final, Sofia menantang unggulan kedelapan asal Malaysia, Claudia Xuen Xuen Tan, yang menundukkan wakil Singapura, Hannah Tay, 6-1, 6-0.Duel serumpun ini jadi pertemuan pertama mereka.

Empat wakil Merah Putih lainnya pun sukses melaju ke delapan besar. Johanna Nesya Rose Jaya, unggulan pertama, menundukkan wakil Kazakhstan, Yeva Kim, 6-7(3), 7-5, 6-1.

Tennizya Vesty melewati wakil Tiongkok, Xintong Li, 6-3, 6-0. Karen Yap, unggulan kelima, mengatasi kompatriotnya, Florence Joy Widjaja, 6-1, 6-2.

Sementara Noya Myeisha, unggulan keenam, menghentikan wakil Malaysia, Xi Xuan Ong, 4-6, 6-4, 6-2.

Istimewanya lagi, Johanna dan Tennizya, memastikan Indonesia mengunci satu slot di semifinal tunggal putri.

Begitu pun di sektor putra. Reavan Rio Suryana, unggulan kelima bakal terlibat duel senegara melawan Komang Bagus, unggulan kedelapan di babak perempat final.

Keduanya mengungguli wakil Hong Kong di babak kedua. Reavan menundukkan Hoi Shun Hui, 7-5, 6-3. Sedangkan Komang menyudahi penerima wild card, Jayden Park, 6-4, 6-1.

Tiga tunggal putra Merah Putih lain pun ikut melaju. Ethan Jake Frans, unggulan pertama, memberi double bagel buat wakil Tiongkok, Haozhang Sun, 6-0, 6-0. Rafael Enrico Pribadi mengadang laju wakil Hong Kong, 7-6(3), 6-4. Sedangkan Azzam Khairi Zhafir memenangkan duel saudara atas Darren Adam Sofian, 6-0, 6-2.

Sportama Asia Tennis Series di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta ini menghelat tiga seri dalam dua pekan. Dua seri KU 14 putra dan putri berlangsung dalam dua pekan sementara satu seri KU 16 hanya untuk putra berlangsung di pekan kedua, 24-31 Maret 2024.

“Kami berencana menggelar enam seri serupa pada tahun ini. Para pemain junior butuh banyak pertandingan untuk mengasah kemampuan dan mentalnya. Kami pun yakin mereka bertalenta. Hanya saja, bibit-bibit, anak-anak muda, itu kurang tereskpos,” ujar Paul Sindhunata, tehnical advisor Sportama Tennis Institute.

Turnamen dengan sistem monrad ini pun merupakan pilihan yang tepat untuk memperkaya pengalaman. Baik menang ataupun kalah, petenis akan mendapatkan lima pertandingan untuk menentukan urutan finish.