JAKARTA, Indotimes.co.id – Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) optimis tim asuhan mampu menaklukan Vietnam pada laga pertama lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup G Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3) malam.

Pelatih asal Korea Selatan itu, mengakui
belum bisa menampilkan skuad terbaiknya pada laga pertama ini, namun dia percaya para pemainnya mampu menampilkan permainan terbaiknya untuk meraih kemenangan, baik di Jakarta maupun.pada laga kedua nanti di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3).

Menghadapi Vietnam kali ini, timnas tidak diperkuat empat squad inti yang selama ini selalu tampil, yaitu kapten Asnawi Mangkualam terkena akumulasi kartu. Bek Jordi Amat dan Elkan Baggott masih dibekap cedera. Demikian pula dengan Yance Sayuri,

Belum lagi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen belum bisa diturunkan. Kedua pemain yang baru saja diambil sumpahnya itu baru bisa bermain saat laga away di Hanoi pada 26 Maret nanti.

“Kita harus optimistis. Semua pemain dalam kondisi siap tempur. Tidak ada masalah dengan pemain. Soal siapa yang akan diturunkan dan siapa kapten nanti, kita tunggu saja,”kata STY.

Bek Sandy Walsh yang hadir dalam jumpa pers, Rabu (20/3) juga menaruh harapan tinggi. Ia ingin mempersembahkan yang terbaik. Apalagi skuad Garuda akan bermain di kandang sendiri.

“Kemenangan ini menjadi modal penting bagi kita untuk pertandingan selanjutnya. Saya yakin kita bisa mewujudkannya,”jelas Sandy.

Sementara itu, pelatih Vietnam Philippe Troussier justru membuat kejuatan dengan memangkas lima skuad mereka saat tandang ke Indonesia.

Pelatih asal Prancis itu, sehari jelang keberangkatan ke Indonesia, Selasa (19/3) memutuskan tidak membawa Nguyen Cong Phuong, Duy Manh, Nguyen Hai Long, Truonh Tien Anh, dan Giap Tuan Duong ke Jakarta, dikarenakan faktor cedera dan kondisi fisik yang dialami.

Dicoretnya lima pemain ini membuat skuad the Golden Star hanya berkekuatan 23 pemain ke Indonesia, dari 28 pemain yang telah dipanggil dalam TC untuk menghadapi Indonesia.