JAKARTA, Indotimes.co.id – Keberhasilan lifter Rahmat Erwin Abdullah meraih medali emas sekaligus mempertajam rekor Snatch dan Clean & Jerk dan total angkatan di kelas 73 kg cabang olahraga angkat besi SEA Games 2021 Vietnam sebagai prestasi yang membanggakan.

Torehan prestasi itu tentunya membahagiakan Rahmat , yang keinginannnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) segera terwujud setelah mampu mengumandangkan lagu Indonesia Raya di pesat akbar olahraga mukti even di Asia Tenggara kali ini.

“Mantap. Saya akan jadi PNS yang bakal punya pensiun. Pak Menteri kan tadi sudah bicara di depan saya dan ayah,” ungkap peraih perunggu di Olimpiade 2020 Tokyo itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memang menjanjikan Rahmat bakal jadi PNS. “Tadinya, kan kita mau jadikan Rahmad sebagai PNS tetapi usianya belum cukup. Sekarang, dia akan jadi PNS karena usianya sudah cukup seperti Eko Yuli Irawan,” kata Menpora, seusai memberikan ucapan selamat atas raihan emas atlet asal Makassar tersebut seusai pertandingan.

Sama halnya dengan Eko Yuli Irawan yang meraih emas kelas 61kg, Menpora Amali juga sudah memperkirakan Rahmat juga akan mengulang prestasi yang diraih dua tahun lalu pada SEA Games 2019 Filipina. Alasannya, Rahmat itu adalah atlet Olimpiade.

“Saya memang meminta Rahmat untuk bisa menunjukkan dirinya lifter kelas dunia saat acara kunjungan di pelatnas angkat besi di Kwini Jakarta Pusat. Dan, permintaan itu bisa diwujudkannya,” jelas Menpora.

Dalam pertandingan kelas 73kg cabor angkat besi SEA Games 2021 Vietnam yang digelar Hanoi Sports and Competition Centre, Vietnam, Sabtu (21/5), Rahmat bukan hanya merebut medali emas dengan total angkatan 345 kg tetapi memperbarui rekor SEA Games untuk kedua jenis angkatan.

Pada angkatan Snatch, Rahmat berhasil mempertajam rekor dengan mencatat angkatan 155kg. Sebelumnya, dia memecahkan rekor pada SEA Games 2019 Filipina dengan angkatan 145kg.