SEPANG, Indotimes.co.id – Avila Bahar, pembalap muda Indonesia, mencatat sejarah penting di paro 2024 ini. Tahun 2024 akan jadi tahun pertama bagi Avila Bahar tampil full series bersama Honda Malaysia Racing Team (HMRT).

Balap di Malaysia memang bukan barang baru bagi putra pembalap pabrikan Honda, Alvin Bahar. Sebelumnya lulusan Vokasi, Universitas Indonesia ini juga sudah pernah membela tim HMRT tersebut sebanyak 2 kali.

Pertama kalinya pada 2022 tampil di Sepang 1000 KM bersama pembalap Malaysia Putera Adam. Kedua kali pada 2023 ia tampil di Malaysian Championship Series (MCS) 300 KM bersama sang ayah Alvin Bahar.

Kebetulan juga di 2024 ini Avila menjadi pembalap pabrikan Honda yang mewakili dan bertanding di 2 negara, Honda Racing Indonesia (HRI) dan Honda Malaysia Racing Team (HMRT).

Avila sudah berada di Malaysia sejak Minggu (28/4/2024). Sepekan adaptasi dan latihan langsung di Sirkuit Sepang, Malaysia guna tampil di ajang MCS (Malaysia Championship Series) seri 1 di Sepang International Circuit, Malaysia, 4-5 Mei 2024, akhir pekan ini.

Sang Ayah, Alvin Bahar yang menuju Malaysia di awal pekan ini pun akan mendampingi putranya guna memberikan dorongan semangat agar Avila bisa tampil mumpuni di Sepang International Circuit.

Avila Bahar diminta turun full series (4 seri MCS dan balap ketahanan Sepang 1.000 km di sirkuit Sepang Malaysia) bersama HMR ini sesungguhnya sudah dibicarakan pada seri 6 ISSOM tahun lalu di Sentul International Circuit, Bogor.

Kala itu, dua perwakilan HMRT yang kagum dengan skill dan prestasi Avila Bahar, hadir di Sentul International Circuit Bogor. Makin yakin dengan Avila, Maret lalu, secara resmi HMRT memberitahukan Avila Bahar untuk mengikuti balapan full series di MCS 2024.

“Jadi, ini memang sudah melalui proses (pengamatan) cukup panjang. Pasalnya, Avila diundang HMRT untuk balapan di sirkuit Sepang Malaysia, sejak 2022. Namun baru musim ini, diminta turun full series,” cerita Alvin Bahar sebelum terbang ke Malaysia.

Meski begitu, Alvin Bahar menyatakan kalau prioritas utama bagi Avila Bahar tetaplah Kejurnas Balap Mobil ISSOM, bersama Honda Racing Indonesia. “Kalau bisa ikut full series di MCS 2024, mengapa tidak, karena kebetulan secara jadwal tidak bentrok dengan ISSOM,” jelas Alvin Bahar.

Alvin Bahar pun berharap, putra sulungnya bisa mengikuti balapan dengan lancar di sirkuit Sepang Malaysia. “Jumat (3/5/2024) ini sudah mulai latihan resmi, semoga semuanya lancar dan Avila bisa melakukan yang terbaik. Kebetulan ISOM putaran kedua masih akhir Juni, sehingga usai MCS seri 1 pada 5 Mei nanti, Avila juga masih punya waktu mempersiapkan diri menuju MCS seri 2 pada 9 Juni mendatang,” jelas Alvin.