JAKARTA, Indotimes.co.id – Pasangan Christopher Rungkat/M. Rifqi Fitriadi memastikan Indonesia bertahan di Grup Dunia ll Piala Davis. Pasangan ganda putra terbaik Indonesia ini secara meyakinkan menundukkan ganda Venezuela, Luis David Martinez dan Jordi Munoz Abreu dua set langsung, 6-1 7-5, pada laga pembuka hari kedua, Sabtu (5/3) di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Senayan,Jakarta.

Kemenangan duet Merah Putih itu melengkapi keunggulan tuan rumah Indonesia menjadi 3-0 atas Venezuela, setelah sehari sebelumnya, Jumat (4/3) Indonesia telah unggul 2-0, melalui dua nomor tunggal, M. Rifqi Fitriadi mengalahkan Francisco Lamas Villarroel straight sets 6-3 6-4. Dan Christopher’Christo’
Rungkat menundukan Luis David Martinez 7-6(4) 6-1.

“Alhamdulillah, semangat seluruh anggota tim membuat hasil manis berupa kemenangan gemilang ini,” ucap non-playing captain, Febi Widhiyanto usai laga ganda.

Dengan kemenangan ini, Indonesia bakal melakoni laga Grup Dunia Il Piala Davis bersama 11 negara lainnya yang juga berstatus sebagai pemenang PlayOff Grup ll bersama 12 tim yang kalah di babak PlayOff Grup l, pertengahan September 2022.

Sementara itu, Venezuela terdegradasi ke Grup lll Zona Amerika. Kekalahan dari Indonesia membuat negeri ini tak pernah menang di ajang berlabel World Cup of Tennis ini sejak 2018.

Sementara itu pada pertandingan lainnya yang sudah tidak menetukan lagi antara Achad Imam Maruf melawan Jordi Munoz Abreu, tidak dapat dilanjutkan pada kedudukan 5-4 untuk keunggulan Achad Imam Maruf, karena cuaca hujan dan angin kencang di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Prestasi Christopher Rungkat dkk ini membawa Indonesia sebagai satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu bertahan di Grup Dunia ll Piala Davis.

Pada saat bersamaan, Thailand harus mengakui keunggulan tamunya, Latvia 1-3, sedangkan Vietnam tertinggal 0-2 saat tandang menghadapi Republik Dominika.