TANGERANG, Indotimes. co.id – Motivasi atlet-atlet wushu junior Indonesia semakin tumbuh dengan kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara pembukaan Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 yang berlangsung di Hall Nusantara ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, Senin (5/12) lalu.

Pasukan Garuda Muda mengawali penampilan dengan merebut tiga medali emas pada hari pertama, Selasa (6/12).

Chef de Mission Kontingen Wushu Indonesia, Doddy Rahadi mengatakan tiga medali emas nomor Taolu itu sebagai bukti tingginya motivasi Kontingen Wushu Junior Indonesia. Bahkan, Doddy, panggilan akrabnya, menyebut, emas yang disumbangkan Josh Tiasto Tanto, Rainer Reinaldy Ferdiansyah dan Kylie Suyoto Kwok sebagai hadiah spesial buat Presiden Jokowi yang begitu perhatian terhadap wushu. 

“Tiga medali emas itu sebagai kado awal buat Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap wushu Indonesia,” kata Doddy Rahadi yang selalu hadir di tengah atlet junior Indonesia pada saat menjalani persiapan latihan menuju Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. 

Menurut Doddy Rahadi, keberhasilan Josh, Rainer, dan Kylie menyumbangkan medali emas merupakan langkah awal yang manis bagi Kontingen Wushu Indonesia untuk memenuhi target 6 medali emas yang dicanangkan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto.

“Ini merupakan langkah awal yang manis. Semoga keberhasilan Josh dan Rainer bisa menjadi pemicu motivasi bagi atlet lain dari nomor Taolu dan Sanda untuk bisa menyumbangkan medali emas,” kata Doddy Rahadi yang selalu menyapa seluruh atlet dengan lembut. 

Indonesia merebut tiga emas lewat Josh Tiesto Tanto yang tampil di kelompok Junior A Putra. Josh meraih emas Dan Nanquan (Tangan Kosong dari Selatan) sukses menyingkirkan 15 pesaingnya dengan mengantongi nilai terbaik 9.28 poin.

Kemudian, Rainer Reinaldy Ferdiansyah yang turun di kelompok A putra meraih emas permainan Taiji Jien/Pedang dengan mengantongi 9.40 poin. 

Serta medali emas ketiga disumbangkan Kylie Suyoto Kwok dari Changquan dengan meraih 9,303 poin di kelompok Junior A Putri.