JAKARTA, Indotimes.co.id – Timnas Indonesia yang bau saja berlaga di ajang Piala AFF 2020 Singapura, telah tiba di Jakarta, Minggu (2/1) petang. Skuat Garuda Muda langsung menjalani karantina di Hotel Sultan Jakarta, selama 10 hari ke depan.

Kedatangan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan di Hotel Sultan di kawasan Senayan Jakarta, langsung disambut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan beserta jajarannya.

Dihadapan para pemain dan pelatih Shin Tae-yong, Iriawan mengatakan
masyarakat Indonesia tetap bangga dengan perjuangan para pemain Indonesia di Piala AFF 2020 meski gagal meraih juara untuk pertama kalinya

“Saya dengan rasa bangga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya untuk kalian timnas Indonesia yang telah kembali dari Piala AFF di singapura,” kata Iriawan dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu Iriawan juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menpora Zainudin Amali. “Saya sampaikan juga ucapan dari Pak Presiden dan Pak Menpora, beliau bilang bangga. Pak Menpora sampaikan selamat datang di tanah air,” ujar Iriawan.

Iriawan kembali menegaskan apa yang telah dibuat timnas di Piala AFF 2020 di Singapura membuat bangga, meski gagal meraih juara Piala AFF kali ini. Dengan skuat Indonesia yang dihuni pemain-pemain muda, sudah mampu berbuat yang terbaik. Bahkan, mereka yang semula diremehkan bisa menunjukkan hingga tembus ke partai final.

“Kalian didominasi pemain muda usia 23 tahun yang akan menjadi nantinya cikal bakal pemain senior yang betul-betul dibanggakan 3-4 tahun kedepan,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

“Saya minta tanamkan itu kepada anak-anakku yang main di piala AFF meskipun masih muda. Pertama datang kalian diremehkan dari tim lain, apa itu Indonesia, apa itu pemainnya anak kecil saja, apa itu Indonesia tidak ada kompetisi. Ternyata kalian hebat bisa menghajar Laos, Kamboja, Malaysia dan Singapura,” ungkapnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengaku apa yang telah diperbuat para pemain telah menunjukan perjuangan yang maksimal, dengan memberikan penampilan terbaik. Para pemain menurutnya mampu menunjukkan kualitasnya meski Liga baru saja berjalan empat bulan dan pemusatan latihan juga berlangsung singkat.

“Semua berikan apresiasi kepada kalian. Kita banggakan kenapa? Karena saya sampaikan ke publik kalian dipersiapkan dengan waktu yang singkat dalam pemusatan latihan di timnas Indonesia dan kita tahu kita baru empat bulan melaksanakan kompetisi di indonesia, itu latar belakangnya kenapa kita bangga pada kalian,” katanya pula.

“Kita tahu kalian belum waktunya bawa pulang piala AFF. Insya Allah dalam waktunya nanti akan kita rebut dan akan kita taruh di Jakarta, Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, dari total 30 pemain pasukan Shin Tae-yong, hanya 29 pemain yang kembali ke tanah air, dan menjalani karantina. Satu pemain, yaitu Elkan Baggott, langsung terbang ke London, dari Singapura, karena harus bergabung dengan klub Ipswich Town di Kompetisi Liga 1 Inggris.

Para punggawa timnas Piala AFF harus menjalani karantina, setibanya dari Singapura. Seperti diketahui, sesuai dengan aturan pemerintah, mereka yang tiba dari luar negeri harus menjalani karantina, selama 10 hari, setelah itu mereka akan dikembalikan ke klub-nya masing-masing.