HANOI, Indotimes.co.id – Tim basket putra Indonesia menorehkan , dengan merebut medali bola basket SEA Games 2021 Vietnam. Emas pertama cabor basket , diraih setelah menundukan favorit juara Filipina dengan skor 85-81, pada laga final yang berlangsung di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5) petang.

Pada laga itu, Indonesia mampu unggul di quater pertama dari Filipina 18-14. Namun ditahan imbang oleh Filipina di quarter kedua. Pertandingan berjalan ketat di quarter ketiga, dimana kedua tim saling kejar poin hingga 60-60. Memasuki quarter ke-4, Indonesia sempat unggul lebih dulu 65-60. Indoneisa masih terus unggul dari raja basket Asia Tenggara tersebut sampai 78-72.

Pertandingan semakin ketat saat Filipina terus menempel Indonesia dengan 79-76 saat pertandingan tersisa 1 menit. Skor bahkan sempat 81-79 saat Filipina mendapatkan tiga poin. Tersisa enam detik, Indonesia menambah keunggulan jadi 83-79. Indonesia mendapatkan keunggulan dari beberapa pelanggaran yang dilakukan pemain Filipina, sehingga bisa unggul 85-81 pada akhir pertandingan.

Sepanjang sejarah gelaran SEA Games, Filipina sudah mengoleksi 18 medali emas dan dua perak sejak 1977. Sementara Indonesia tidak pernah meraih emas, dengan empat medali perak dan tiga perunggu. Namun pada SEA Games ke-31 di Vietnam kali ini, asa panjang tim basket Indonesia terwujud, dengan torehan medali emas.