SOLO, Indotimes.co.id -Tim Sepakbola Siwo PWI DKI Jakarta  tampil sebagai juara turnamen sepak bola Antarwartawan yang  bertajuk piala Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka 2022.

Dalam laga final di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Kamis (17/2), Siwo DKI Jakarta munundukan tim Siwo Jawa Timur (Jatim) 3-0 (0-0). Ketiga gol Siwo DKI Jakarta di cetak masing-masing oleh Achmad Faruk menit ke 38 dan 49 serta Rio Indrawan menit 58.

“Terima kasih atas perjuangan seluruh tim. Hasil ini (juara) adalah berkat kerja keras dan perjuangan tanpa henti para pemain mulai dari penyisihan grup hingga babak final ini,” ungkap pelatih Tim Sepakbola Siwo PWI DKI Jakarta, Rochy Putiray usai pertandingan.

Pertemuan kedua tim di laga final, memang sudah diprediksi sejak awal. Keduanya tampil hati-hati, mengingat kedua tim unggulan ini kerap bertemu di berbagai kejuaraan antarwartawan selama ini.

Serangan silih berganti berlangsung sejak awal pertandingan. Namun tidak ada satupun gol yang tercipta sepanjang babak pertama.

Memasuki babak kedua, tim Siwo DKI yang ditukangi mantan pemain nasional Rochy Putiray, mulai menguasai jalanya pertandingan. Rochy memasukan tiga pemain sekaligus yakni Achmad Faruk, Mahmud dan Debby Aditya Prayogi, untuk menambah daya gempur .

Upaya ini membuahkan hasil,
mengandalkan serangan cepat lewat kedua sayap, Siwo DKI Jakarta mampu menekan Jatim sepanjang laga babak kedua.

Dari sebuah serangan, Rio Indrawan yang mampu menusuk ke lapangan tengah, mampu mengirimkan umpan matang ke dalam kotak penalti yang mampu di manfaatkan dengan sempurna oleh Achmad Faruk menit ke-38, sekaligus membawa Siwo DKI Jakarta unggul 1-0.

Unggul satu gol membuat anak-anak DKI Jakarta lebih percaya diri dan mampu menguasai permainan. Sebaliknya Siwo Jatim justru tampil tertekan, menghadapi gempuran Siwo DKI Jakarta.

DKI Jaya akhirnya mampu memperbesar keunggulan, lagi-lagi lewat aksi Achmad Faruk, yang mampu memanfaatkan kesalahan pemain belakang Siwo Jatim.

Achmad Faruk yang berlari cepat, langsung menceploskan si kulit bundar masuk ke gawang Jawa Timur, skorpun berubah menjadi 2-0.

Sementara gol ketiga dari Siwo PWI DKI Jakarta, diciptakan melalui kaki Rio Indrawan di ment ke-58. Rio yang bermain disiplin tinggi memperbesar keunggulan gol Siwo PWI DKI Jakarta usai memanfaatkan bola liar di depan kotak penalti Siwo Jatim.

Rio memanfaatkan posisi kiper Jatim yang sudah salah langkah, dengan tembakan melambung terarah ke sudut gawang Siwo Jatim skorpun betsmvah untuk Siwo DKI menjadi 3-0.

Skor 3-0 untuk Siwo DKI Jakarta bertahan hingga pertandingan berakhir. Hasil ini membawa tim Ibukota tampil sebagai juara di turnamen yang memperebutkan total.hadiah Rp 110 juta tersebut.

Turnamen Sepakbola Antarwartawan Piala Walikota Solo 2022 berlangsung pada 12-17 Februari 2022 , diikuti oleh DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Riau, Kalimantan Selatan dan tuan rumah Solo.

Pertemuan DKI Jakarta melawan Jawa Timur adalah final ideal pasalnya kedua finalis juara masing-masing grup. JawaTimur juara grup A dan DKI Jakarta juara grup B. Pada laga semifinal Jawa Timur mengalahkan Riau 2-1 dan DKI Jakarta menang atas Jawa Tengah 1-0.

Piala Walikota Solo 2022 terlaksana atas dukungan Pemerintah Kota Solo, Pertamina, Bank BNI, BPJS Ketenagakerjaan, Bank Mandiri, Bank BCA, BPJS Kesehatan, Bulog, PLN, KAI, Indihome, Danone Indoensia, IRC Tire, Pupuk Indonesia, Pertamina Gas Negara, Pertamina Lubricant, Polygon dan Difanews.com.

Juga dukungan dari Bank Jateng, Makan Ku, Pro Aktif, PSF, ID Express, Aladin, Antam, JIEP Ecogreen, Bhayangkara FC, Madura United, PMS, KONI Kota Surakarta, Kandang Ayam, Gilbol dan PWI kota Surakarta.

Berikut susunan pemain Siwo DKI Jakarta :
Penjaga gawang : Santos Pratama
Belakang : Hartomo, Firman Mutakif, Rio Indrawan
Tengah : Andi, Iswadi (C), Junaedi, Abdul Rohman Nidih,
Depan : Riki Anwardi, Faisal Yusuf Saihitua, Mulyadinata

Cadangan : Syaeful Bahri (PG), Ahmad, Gerry Firdausi Muhammad, Junaidi, Iskandar, Junaedi, Deby Aditya Prayogi, Suryadi, Achmad Faruk, Mahmud, Buchori, Bukti Sihotang