JAKARTA, Indotimes.co.id – Timnas bola basket Indonesia harus mengakui keunggulan Arab Saudi, alam laga kualifikasi FIBA World Cup 2023 window ketiga yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta, Jumat (1/7) malam. Meski telah tampil maksimal dan memberikan perlawanan sepanjang laga, tim merah menyerah dengan skor tipis 67-69.

Hasil ini membuat tim asuhan Rajko Toroman belum mencetak satu kemenangan pun dari lima laga yang telah dimainkan. Dalam laga ini, Rajko Toroman menurunkan lima pemain utama, Derrick Michael, Brandon Jawato, Vincent Kosasih, Agassi Yeshe Goantara, dan Andakara Prastawa.

Sejak awal, pelatih asal Serbia itu menekankan fokus utama adalah mencapai delapan besar FIBA Asia Cup 2022. Ini karena untuk lolos melalui jalur kualifikasi memang sudah tertutup.

Instruksi Toroman agar pemain tampil maksimal pada laga ini terliaht sejak menit awal pertandingan, menghadapi Arab Saudi, yang menurunkan para pemainnya, Mohammed Al Marwani, Mathna Al Marwani, Fahad Belal, Khalid Abdel Gabar, dan Musab Tariq Kadi.

Jumpshoot Jawato membuka kuarter satu 2-0, Musab Tariq Kadi dua kali under basket membalikkan keadaan 2-4. Dua Free Throw Jawato menyamakan skor 6-6. Dua tripoin beruntun Agassi dan Prastawa menjauh 12-6. Kuarter satu Indonesia memimpin 18-14.

Mohammed Al Sager membuka kuarter dua dengan sebuah free throw 18-15. Arki membalas dengan lay up shoot 20-15. Sebuah dunk dua tangan Derrick umpan Yudha 22-15. Tripoin Fahad Belal menutup kuarter dua 39-31 masih untuk keunggulan tuan rumah.

Dua tembakan bebas Al Marwani 33-38 membuka kuarter tiga. Sebuah dunk dua tangan Derrick melanjutkan umpan matang Prastawa 41-33. Indonesia sempat memimpin 46-33.

Pertengahan kuarter tiga, dua bigman Indonesia Derrick dan Vincent mendapat foul trouble. Hal ini dimanfaatkan Arab Saudi mendekat 46-48. Tripoin buzzer beater akhir kuarter tiga dari Marzouq Al Muwallad membuat Arab Saudi unggul 49-48.

Vincent membawa Indonesia unggul 52-49 melalui dua tembakan bebas dan sebuah tip in di awal kuarter empat. Indonesia sempat menjauh 56-49. Arab menyamakan skor 56-56 bahkan unggul 59-58.

Tripoin Jawato 61-59. Arab membalas dengan dua kali trpoin 65-61. Tiga free throw Yudha 66-69. Agassi menambah satu poin melalui tembakan bebas. Poin ini mengakhiri laga 67-69 untuk kemenangan Arab Saudi.

Dari kubu Indonesia, Vincent Kosasih mencetak poin terbanyak dengan 15 poin, Prastawa 10 poin, Jawato 10 poin 14 rebound. Sedang dari kubu Arab Saudi Al Muwallad 18 poin, Musab Tariq Kadi 16 poin, dan Mathna Al Mawarni 16 poin.

Pelatih timnas basket Indonesia, Rajko Toroman mengakui lawan mampu tampil lebih baik, kendati peluang timnya untuk menang sudah terbuka lebar dalam laga ini, namun sayang Arab Saudi lebih unggul dalam skor akhir.

“Situasinya berbeda dengan kami karena Arab Saudi dan Yordania berusaha meraih tiket lolos babak putaran final FIBA World Cup 2023,” ujar Coach Toro sapaan akrab Rajko Toroman seusai laga.

Pelatih asal Serbia ini, mengaku dirinya tidak terlalu memikirkan hasil ini (laha lawan Arab Saudi) karena focus utama timnas pada laga diajang FIBA Asia Cup. “Kami berharap semua pihak tetap mendukung kami. Pada laga ini Marques Bolden tidak bermain karena memang kami simpan. Sebelumnya dia memang punya masalah saat di SEA Games 2021.” Ungkap Toro

Coach Toro lalu mengomentari penampilan Derrick Michael. “Derrick berbeda dua tahun yang lalu, dia improve dengan bermain di NBA Global Academy dan secara keseluruhan punya talenta luar biasa. Pemain muda lainnya seperti Agassi, Bolden yang masih belia sehingga Indonesia punya masa depan yang cerah.” tandasnya.

Sementara, pelatih Arab Saudi, Mohamed Mounir Youssef Elkerdany berterima kasih untuk pemain dan fan Indonesia yang sudah datang memadati arena untuk memberikan dukungan kepada timnasnya.

“Kami bermain dengan lambat sehingga tertinggal hampir sepanjang laga. Beruntung sepanjang laga tim kami bisa fighting dan meraih kemenangan di akhir laga. Kami memulai bermain dengan defense, kepercayaan diri kami tinggi seusai dua kali melakukan buzzer beater,” tutup Elkerdany.