JAKARTA, Indotimes.co.id – Menghadapi turnamen prakualifikasi Wilayah Timur Piala Asia FIBA 2021 di Bangkok, Thailand, 26 November-1 Desember mendatang, Tim Basket Indonesia melakukan perubahan komposisi pemain. Tiga pemain yang sebelumnya memperkuat ‘Tim Merah Putih’ diganti, untuk meningkatkan kemampuan menghadapi turnamen yang diikuti 7 negara tersebut,

Pelatih tim basket Indonesia Fictor Gideon Roring melakukan pergantian tiga pemain yang sebelumnya tidak tampil pada Asian Games lalu. Salah seorang diantaranya adalah pemain debutan (rookie) Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2017-2018, dan baru pertam kali dipanggil dalam Timnas Basket Indonesia.

“Kami pakai tim yang sama dengan Asian Games 2018, hanya ada tiga pemain yang diganti. Xaverius akan digantikan Hardianus, Sandy diganti sama Agassie Yeshe Goantara, dan Kevin akan digantikan dengan Avan Saputra,” jelas Fictor, yang akrab disapa Ito itu.

Baca juga :  Ronald Koeman Puji Penampilan Liverpool

Fictor menjelaskan keputusan mengganti pemain dengan pertimbangan performa yang tak baik di Asian Games 2018. Setelah melakukan evaluasi, ketiga pemain tersebut dinilai tak siap, dan posisinya di gantikan ketiga pemian yang dinilai lebih siap, yaitu Hardianus Lakudu, Avan Saputra, dan Agassie Yeshe Goantara.

Khusus Agassi, ini adalah pemanggilan perdananya ke tim nasional usai berstatus debutan (rookie) Liga Bola Basket Indonesia (IBL) musim 2017-2018 di tim Stapac Jakarta.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Fictor Roring memanggil 12 pemain untuk menghadapi pra-kualifikasi zona timur (pre-qualifiers eastern region) Piala Asia FIBA tahun 2021 di Thailand. “Dari 12 pemain tersebut, lima orang merupakan pemain Satria Muda, empat pemain Pelita Jaya dan tiga pemain Stapac.

Turnamen pra-kualifikasi wilayah timur Piala Asia FIBA 2021 di Thailand diikuti oleh tujuh negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Macau, Guam dan Fiji. Indonesia berada di Grup A bersama Malaysia dan Macau, sementara di Grup B ada Thailand, Singapura, Fiji dan Guam.

Baca juga :  Menpora Tinjau Persiapan Akhir Pelatnas Asian Para Games 2018

Nantinya empat tim terbaik dari pra-kualifikasi wilayah timur akan lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2021. Kualifikasi Piala Asia 2021 sendiri akan diikuti 24 tim. Mereka akan bertarung untuk memperebutkan 16 tempat di putaran final Piala Asia 2021.

Indonesia sendiri ditargetkan lolos ke Piala Asia 2021 demi tampil di Piala Dunia pada tahun 2023, di mana Indonesia bertindak sebagai tuan rumah bersama Jepang dan Filipina. FIBA mewajibkan Indonesia berada di posisi delapan besar Piala Asia 2021 agar dapat tampil di putaran final Piala Dunia 2023

Berikut ini daftar pemain yang dipanggil memperkuat Timnas Basket Indonesia :
1. Kaleb Ramot Gemilang (CLS Knights Indonesia)
2. Abraham Damar Grahita (Stapac Jakarta)
3. Andakara Prastawa Dhyaksa (Pelita Jaya)
4. Ponsianus Nyoman indrawan (Pelita Jaya)
5. Firman Dwi Nugroho (CLS Knights Indonesia)
6. Valentino Wuwungan (Pelita Jaya)
7. Arki Dikania Wisnu (Satria Muda)
8. Juan Laurent Kokodiputra (Satria Muda)
9. Jamarr Andre Johnson (Satria Muda)
10. Hardianus Lakudu (Satria Muda)
11. Avan Saputra (Satria Muda)
12. Agassie Yeshe Goantara (Stapac Jakarta).