JAKARTA, Indotimes.co.id – Tim Nasional (Timnas) basket Indonesia mematok target lolos ke perempatfinal FIBA Asia Cup 2022, yang akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, 12 hingga 24 Juli 2022 mendatang.
Target ini menjadi syarat mutlak agar Tim ‘Merah Putih’ bisa tampil di ajang Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) 2023.

Manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso, mengatakan lolos ke babak perempatfinal salah satu peluang terbesar bagi Indonesia untuk bisa memastikan diri untuk berlaga di FIBA World Cup 2023. Mengingat, peluang Indonesia untuk bisa lolos dari babak kualifikasi telah nyaris tertutup.

Indonesia pun masih memiliki dua pertandingan lagi di putaran pertama Window III kualifikasi FIBA World Cup 2023. Indonesia akan meladeni perlawanan Arab Saudi dan juga Yordania pada 1 dan 4 Juli 2022 di Istora Senayan Jakarta.

Menurut Jeremy mengakui Indonesia hampir tidak mungkin untuk lolos ke FIBA Wolrd Cup 2023 melalui jalur kualifikasi. Hal tersebut msmbuat PP Perbasi fokus untuk meloloskan Indonesia melalui FIBA Asia Cup.

“Kita sudah bulat untuk fokus untuk bisa kualifikasi ke piala dunia lewat jalur FIBA asia cup, dengan persyaratan kita harus menembus babak perempat final,” ungkap Jeremy kepada awak media di Kantor PP Perbasi, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6).

Jeremy juga memastikan tim basket Indonesia tidak akan menyerah di laga kualifikasi FIBA Woled Cup 2022. Pasalnya, Indonesia juga akan mengahdapi Arab Saudi dan Yordania di babak lenyisihan Grup A dan ingin menjadikan kesempatan tersebut sebagai pengalaman.

“Pertandingan tanggal 1 dan 4 tidak kalah penting. Arab Saudi dan Yordania akan menjadi lawan kita di babak oenyisihan grup karena itu alan jadi pengalaman,” ujarnya pula.

Jeremy menambahkan, untuk mencapai target menembus perempatfinal FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Indonesi terus mematangkan persiapan, dengan menjalani program latihan di Istora Senayan.