Foto : PSSI

JAKARTA, Indotimes.co.id – Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 0-0 melawan Timnas Tanzania dalam laga uji coba internasional, di Stadion Madya, Jakarta.Senayan, Jakarta, Minggu (2/6).

Pertandingan yang dijadikan pemanasan pasukan Shin Tae-yong jelang menghadapi dua laga penting di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang.

Pelatih asal Korea Selatan ini, menjadikan pertandingan ini untuk mengukur kondisi dan performa para pemainnya. Dalam lada ini 21 pemain diturunkan secara bergantian, menghadapi Tanzania yang jelas bukan lawan enteng.

Tim Garuda sudah bermain ofensif, sayangnya tidak ada gol dalam 90 menit duel sengit di lapangan hijau. Meski timnas Indonesia lebih dominan pertandingan ini, namun kesulitan menuntaskan peluang di muka gawang lawan.

Skor imbang 0-0 tidak berarti apa pun bagi kedua tim. Laga ini tidak termasuk kalender resmi FIFA. Biar begitu, skuad Garuda mendapatkan kesempatan untuk membangun ritme tim.

Mengomentari permainan anak asuhnya, pelatih Shin Tae Yong mengakui performa timnya kurang greget melawan Tanzania. Meskipun demikian, Shin Tae Yong mengaku tidak khawatir soal laga menghadapi Irak nanti.

Menurut Shin, pemain dalam kondisi yang lelah. Pasalnya porsi latihan yang diberikan sejak pemusatan latihan pada Rabu (29/5) terbilang tinggi. Fisik pemain coba ditingkatkan.

“Memang para pemain merasakan capek dan performa pertandingan juga masih kurang, tetapi dengan selesai laga ini pastinya akan meningkat cepat dan baik,” ungkapnya seusai pertandingan.

“Apalagi besok istirahat seharian, dan tanggal empat dan lima itu baru masuk periode conditioning, dan saya akan mempersiapkan tim lebih baik lagi,” kata pelatih 53 tahun ini.

Soal laga melawan Irak, Shin tak risau, meskipun diakuinya bahwa Irak bukan tim yang mudah dikalahkan, tetapi Timnas memiliki kans membalas kekalahan sebelumnya dari Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sebelumnya, dalam laga leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Basra, Irak, Indonesia dibantai 1-5. Setelah itu, saat bersua di Piala Asia 2023 (2024) juga kalah, skor 1-3.

“Memang Irak tim terbaik di grup kita, skuad mereka sangat bagus, bukan lawan mudah bagi kami, tetapi ini laga kandang, jadi saya akan memaksimalkan semuanya,” tandasnya .

Timnas Indonesia akan bentrok dengan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (6/6). Pertandingan ini akan dimulai atau kick off pada pukul 16.00 WIB, seperti saat lawan Tanzania.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesia vs Tanzania :

Timnas Indonesia: Ernando Ari (GK) (Muhammad Adi Satryo); Rizky Ridho, Jordi Amat (Justin Hubner), Sandy Walsh (Yakob Sayuri); Shayne Pattynama (Pratama Arhan), Ivar Jenner (Ricky Kambuaya), Thom Haye (Nathan Tjoe-A-On), Asnawi Mangkualam (Muhammad Ferrari); Marselino Ferdinan (Malik Risaldi), Rafael Struick (Dimas Drajad), Ragnar Oratmangoen (Egy Maulana Vikri).

Cadangan: Nadeo Argawinata (GK), Muhammad Adi Satryo (GK), Justin Hubner, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Yakob Sayuri, Malik Risaldi, Nathan Tjoe-A-On, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Dimas Drajad.

Timnas Tanzania: Allu Juma, Lameck Lawi, Miano Danilo, Mohamed Hussein, Edwin Balua, Hinid Mkami, Morice Abraham, Mukrim, Abdallah, Yusuph Kagoma, Kokola M’Mombwa, Waziri Salim.