- Advertisement -

Timnas Harus Akui Keunggulan Irak 0-2

- Advertisement -

JAKARTA, Indotimes.co.id – Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dari Irak 0-2 (0+0) pada laga lanjutan Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6).

Menghadapi Irak yang rangking FIFA nya diatas Indonesia, Timnas tampil cukup dominan di babak pertama. Meski demikian, tim asuhan Shin Tae-yong kesulitan menembus pertahanan Irak.
Pada babak pertama ini Irak sempat menjebol gawang Indonesia pada menit ke-16 lewat tandukan Ibrahim Bayesh Al-Kaabawi, namun gol tersebut dianulir oleh wasit karena dianggap terjadi pelanggaran sebelumnya. Skor imbang 0+0 bertahan hingga babak pertama berakhir .

Di awal babak kedua, Irak melakukan dua pergantian pemain dengan memasukkan Ali Jasim dan Youssef Amyn menggantikan Bashar Rasan dan Zidane Iqbal.

- Advertisement -

Upaya Irak membuahkan hasil, mereka mendapatkan hadiah penalti setelah wasit menganggap Justin Hubner melakukan handball di kotak terlarang.

Aymen Husssein yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, membawa Irak unggul 1-0.

Malapetaka bagi Timnas Indonesia datang pada menit ke-59 ketika Jordi Amat memperoleh kartu merah langsung setelah melanggar Youssef Amyn.

Shin Tae-yong merespons dengan tiga pergantian pemain pada menit ke-64, memasukkan Asnawi, Pratama Arhan, dan Ivar Jenner menggantikan Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Thom Haye.

Pada menit ke-72, Timnas Indonesia kembali mendapatkan hukuman penalti setelah Ernando Ari menjatuhkan Ali Jasim di kotak terlarang.

Beruntung bagi Indonesia, Aymen Husssein gagal mengeksekusi penalti dengan baik, dan bola melambung di atas gawang Ernando Ari.

Pertandingan kedua tim, sepertinya akan berakhir dengan kunggulan tipis Irak 1-9 atas Indonesia. Namun blunder fatal dilakukan oleh Ernando Ari pada menit ke-88.

Mendapat umpan dari Rizky Ridho, Ernando mencoba mengontrol bola, namun justru direbut oleh Ali Jasim yang tanpa kesulitan mengirim bola masuk ke gawang Indonesia yang sudah kosong. Seharusnya Ernando bisa membuang bola keluar, tapi justru dia berupaya menguasai bola, untuk di oper. Kesempatan ini dimanfaatkan Ali Jasim, untuk menjebol gawang Indonesia.

Skor 2-0 untuk kunggulan Irak bertahan hingga pertandingan berakhir.

Meski kalah, Timnas Indonesia masih menempati peringkat kedua Grup F dengan raihan tujuh poin, sedangkan Irak memperkokoh posisinya di puncak klasemen dengan 15 poin.

Indonesia masih berpeluang lolos ke babak ketiga, jika pada laga terakhir mampu mengalahkan Filipina . Skuad Garuda akan menjamu Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (11/6) mendatang.

- Advertisement -
Exit mobile version