Timnas U-23 Jumpa Vietnam di Final SEA Games 2019

JAKARTA, Indotimes.co.id – Timnas U-23 Indonesia bakal menghadapi Vietnam pada laga final cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games XXX/2019 Filipina. Pertemuan ini bakalan seru, mengingat kedua tim pernah bertemu pada babak penyisihan Grup B, yang kala itu dimenangkan Vietnam dengan skor tipis 1-2.

Timnas U-23 Indonesia lolos ke final, setel;ah menundukan jawara Grup A Myanmar, lewat pertandingan perpanjangan waktu, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 dalam waktu normal. Indonesia menyudahi perlawanan Myanmar lewat tambahan dua gol pada masa waktu tambahan sehingga skor akhir 4-2.

Pada laga semifinal yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12) sore, sebenarnya tim “Merah Putih” tak memerlukan waktu tambahan untuk memenangkan laga atas Myanmar tersebut. Pasukan Indra Sjafrie sebenarnya sempat unggul 2-0 hingga menit ke-79, namun akibat blunder para pemain Indonesia, membuat kemenangan Andy Nugroho dan kawan-kawan tertunda, setelah Myanmar mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat dua gol beruntun mereka pada menit ke-79 dna menit ke-80.

Baca juga :  Presiden Jokowi Minta Zohri Terus Berlatih, dan Tingkatkan Prestasi

Indonesia membuka gol kemenangan lewat Evan Dimas pada menit ke- 58, memanfaatkan umpan silang Egy Maulana Vikri. Egy melengkapi keunggulan Indonesia pada menit ke-70 lewat tandukan, memanfaatkan sepakan bebas Saddil Ramdani.
Namun kemenangan didepan mata sirna, Myanmar mampu membalas dalam tempo waktu yang cepat, lewat gol Aung Kaung Mann pada menit 79 dan gol Win Naing Tun menit ke-80.

Gol ini seharusnya tidak terjadi, andai saja dua pemain Indonesia melakukan kesalahan fatal. Zulfandi pada menit ke-79, melakukan kesalahan memberikan umpan backpas, yang dipotong pemain Myanmar. Akibat kelengahannya, pemain Myanmar, Aung Kaun akhirnya berhasil membobol gawang Timnas Indonesia dan memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Satu menit berselang, giliran penjaga gawang Nadeo Argawinata yang melakukan kesalahan. Bola tangkapannya lepas, sehingga dimanfaatkan dengan baik pemain Myanmar, Win Naing Tun yang berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, memaksa laga dilanjutakn melalui perpanjangan waktu.

Baca juga :  Terpilih Sebagai Ketua IMI Jambi, Guntur Muchtar Diminta Segera Bentuk Kepengurusan

Beruntunglah keunggulan stamina para pemian Timnas Indonesia, membuat mereka leluasa mengacak-acak pertahanan Myanmar dalam 2X15 perpanjangan waktu. Osvaldo Haay membuat Indonesia kembali unggul lewat golnya pada menit 102, serta gol penutup Evan Dimas pada menit ke 113, yang sekaligus membawa Indonesia lolos ke laga final menghadapi Vietnam.

Pada laga semifinal lainnya, Vietnam secara meyakinkan juga maju ke final, setelah mempermalukan runner up Grup A, Kamboja dengan skor telak 4-0. Keempat gol Vietnam dalam pertandingan ini dicetak oleh Ha Duc Chinh dimenit 26 dan 45+2, serta gol Nguyen Tien Linh dimenit ke-20 dan gol bunuh diri pemain Kamboja Yue Safy pada menit ke-68.

Pertandingan final cabang sepak bola antara Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, pada pukul 19.00 WIB, Selasa (10/12) mendatang. Sebelumnya ditempat yang sama pada pukul 15.00 WIB akan digelar pertandingan perebutan peringkat ketiga antara Myanmar melawan Kamboja.