JAKARTA, Indotimes.co.id – Guna meningkatkan.kualitas kompetisi BRI Liga 1, PSSI akan mendatangkan wasit asing untuk memimpin pertangingan di kasta tertinggi kompetisi sepakbola di tanah air itu.

Rencana tersebut disampaikan wakil ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa,dalam acara Refereeing Workshop for Media di GBK Arena, Jakarta pada Senin (8/7).

Menurut Ogawa jelang bergulirnya musim kompetisi BRI Liga 1 2024/2025, mulai9 Agustus mendatang, pihaknya menyiapkan perangkat pertandingan yang berkualitas dengan mendatangkan wasit asing.

Tentunya dengan kehadiran wasit asing itu selain mampu meningkatkan kualitas kompetisi (BRI Liga 1), sekaligus juga membantu perkembangan wasit lokal.
“Setiap bulan kami akan mengundang wasit asing terutama dari Asia,” ujar Ogawa.

Pria asal Jepang ini menegaskan, tentunya PSSI tak akan sembarangan dalam mendatangkan wasit asing tersebut. Hanya wasit berkualitas yang akan diberikan kesempatan.

Bahkan, Yoshimi Ogawa memiliki kriteria khusus. Hanya wasit elite Asia yang akan dibawa memimpin laga di BRI Liga 1.

“Termasuk wasit yang menjadi kandidat ke Piala Dunia atau wasit-wasit yang memimpin di negara yang sudah sukses. Seperti negara ini sudah mengirimkan klub ke AFC Champions League,” jelasnya pula.

Ogawa menyebut wasit asing yang akan memimpin BRI Liga 1 2024/2025 tidak akan terlalu banyak. Jumlahnya diperkirakan hanya satu wasit dalam sebulan.

Ditambahkannya hal itu dilakukan agar kesempatan kepada para wasit lokal tetap terjaga. Sebab, perkembangan mereka akan menjadi tujuan utama dari hadirnya para wasit asing itu.

“Tapi tidak begitu banyak, karena kita harus memberikan kesempatan kepada wasit lokal. Setiap bulan kami mengundang satu wasit luar,” tandas mantan wasit internasiona berlisensi FIFA asal Jepang itu.