Transportasi dan Kesiapan Venue Jadi Fokus Utama INASGOC - Pemprov DKI Jakarta Menuju Asian Games 2018

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memfokuskan penanganan transportasi dan kesiapan venue pertandingan sebagai prioritas utama sebagai kesiapan mereka  sebagai tuan rumah utama Asian Games XVIII tahun 2018.

Hal tersebut diutarakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dalam pertemuan dengan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir di Kantor INASGOC, Wisma Serbaguna, Senayan, Minggu (12/11).

Menurut Sandiaga setelah mendengar  masukan dari pihak INASGOC serta proses pembanguan saran transpotasi serta venues yang ada, pihak akan memfokuskan penaganan  transportasi dan venue yang ada.

Sebelumnya dalam pertemuan dengan Ketua INASGOC Erick Thohir dijelaskan bahwa sesuai persyaratan yang ditetapkan Dewan Olimpiade Asia (OCA) tentang toleransi waktu perjalanan antara perkampungan atlet dengan lokasi utama pertandingan hanya 34 menit, membuat tantangan transportasi antara Kemayoran dan Senayan harus dicarikan solusi bersama antara INASGOC dan Pemda DKI.

Baca juga :  Target Perunggu Tim Softball Indonesia di Asia Cup 2018

Sandiaga Uno mengatakan kepimpinan baru ibu kota langsung mendapat mandat baru untuk menyiapkan Asian Games 2018 sehingga pihaknya menjanjikan akan bahu membahu bersama INASGOC untuk menyiapkan segala hal demi sukses Asian Games.

“Oleh sebab itu, saya membawa seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di DKI Jakarta yang terlibat langsung dalam persiapan agar bisa langsung incharge dengan bidang-bidang terkait di INASGOC, baik itu bidang transportasi, venue, perpajakan, izin-izin supaya bisa cepat terselesaikan semua masalah,” ungkap Sandi, sapaan akrab Wagub DKI.

Orang nomor dua ibu kota itu datang ke INASGOC dengan membawa beberapa asisten dan kepala dinas di berbagai bidang. Antara lain, bidang pembangunan, kesra, perhubungan, dinas olahraga, dinas pajak, dinas cipta karya, serta tiga direktur BUMD, yakni Bank DKI, Jakarta Propertindo, dan Trans Jakarta.

Sementara tim INASGOC  yang hadir dalam pertemuan penuh keakraban itu terdiri dari Sekjen, Eris Herryanto, Wakil Deputi I Games Operation, Djoko Pramono, Deputi II Games Administration, Francis Wanaandi, Direktur Tramsportasi, Arga Barata, Direktur Arrival, Departure and Hospitallity, , Indra Gamulya, dan Koordinator Goverment Relations, Raja Parlindungan Pane.

Baca juga :  Bidik Emas Asia Games, Gulat Berguru ke Bulgaria

“Kami berterima kasih atas kunjungan wagub DKI Jakarta ke INASGOC. Apalagi dengan kepemimpinan baru di ibu kota langsung terlihat progres menuju Asian Games 2018. Saya yakin, DKI Jakarta akan total untuk mengejar persiapan sebab paska Asian Games nanti, ibu kota akan mendapat banyak manfaat dari keberadaan venue-venue, sarana transportasi, dan ruang publik yang bisa menunjang DKI Jakarta sebagai salah satu kota besar di dunia,” ungkap Erick Thohir.

Erick menambahkan  melihat kesiapan Pemprov DKI Jalarta, pihaknya  yakin mereka (Pemprov DKI) akan siap pada waktu yang ditentukan. Pihaknya juga berterima kasih karena Pemprov DKI Jakarta sudah menjalankan komitmennya hingga hari ini, dan INASGOC semakin percaya dengan progres kemajuan yang sudah dicapai.

Pertemuan antara Pemprov DKI Jakarta dan INASGOC dilanjutkan  dengan peninjauan ke kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, jalur konektivitas dari komplek GBK dengan simpul-simpul akses transportasi publik (Trans Jakarta, KRL commuter line dan MRT), ruang-ruang publik di GBK, hingga venue equestrian di Pulomas dan velodrome Rawamangun, juga dihadiri para pejabat di lingkup Pemprov DKI Jakarta dan INASGOC.