JAKARTA, Indotimes.co.id – Gelaran Turnamen Piala Presiden  2022 dipastikan dapat disaksikan langsung penonton dalam stadion maksimal 75 persen dari kapasitas dari stadion.

Turnamen yang sekaligus menjadi turnamen pra-musim Kompetisi Liga 1 ini, akan digelar di empat kota,  Solo, Samarinda, Bandung dan Malang tersebut berlangsung  11 Juni hingga 17 Juli 2022 mendatang, diikuti 28 klub peserta kompetisi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali seusai memimpin rapat koordinasi (Rakor) antara Kemenpora, PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polri, BNPB dan Kemenkes, di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (7/6).

Menurut Menpora hasil rakor persiapan Piala Presiden memutuskan kehadiran penonton dalam stadion setua venuenya sebanyak 75 persen dari kapasitas stadion.

Menpora juga berharap gelaran Piala Presiden 2022 bisa sukses. Ini menjadi persiapan yang bagus jelang bergulirnya kompetisi yang akan datang.

“Ini menjadi bekal buat penyelenggaraan kompetisi berikutnya. Sekarang kami coba dengan penonton. Mudah-mudahan berjalan lancar, sukes, untuk menyambut musim 2022/2023,” ujar Menpora.

Sementara itu Ketua Umum PSSI 
Mochamad Iriawan menambahkan rapat koordinasi memang lebih fokus memutuskan kehadiran jumlah penonton.

“Rapat ini memutuskan kehadiran penonton. Seperti di laga persahabatan klub-klub dan FIFA Matchday sudah ada, tapi belum fix berapa persennya. Oleh sebab itu rapat ini digelar,” kata Iriawan usai pertemuan.

“Alhamdulillah hasil rapat sepakat 75 persen yang dipakai di setiap stadion. Nanti tiket beli online, syaratnya vaksin mininal dua kali dilihat dari aplikasi PeduliLindungi,” jelas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Mantan Kapolda Jabar dan Kapolda Metro Jaya itu
menekankan kapasitas 75 persen berlaku sepanjang gelaran Piala Presiden 2022. Tidak seperti Liga 1 dan 2 musim lalu, aturan mengenai protokol kesehatan mulai dilonggarkan.

Namun demikian, setiap penonton tetap wajib minimal sudah dua kali vaksin dan tetap.mrnsjsi masker.

“Antigen kami diskusikan sudah tidak lagi. Karena yang masuk sini sudah vaksin dua kali. Jadi kami sampaikan ke suporter mau dukung tim yang datang hanya yang punya tiket saja. Yang tidak nonton di rumah saja,” ungkap Iriawan.

Rakor persiapan Piala Presiden 2022 dipimpin Menpora Zainudin Amali, dihadiriKetua Umum PSSI 
Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan Sekjen Yunus Nusi.

Juga hadir Direktur Utama LIB sekaligus Organizing Committee Piala Presiden 2022, Akhmad Hadian Lukita, Direktur Operasional LIB Sudjarno, perwakilan Polri Brigjen Pol. Roma Hutajulu, perwakilan BNPB Zaherman Muabezi dan perwakilan Kemenkes Yudhi Pramono.

Turnamen Piala Presiden 2022 akan berlangsung 11 Juni hingga 17 Juli 2022, digelar di empat kota, yaitu, Solo, Samarinda, Bandung dan Malang

Grup Ai Solo di gelar di stadion Manahan, diikuti : Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman.

Grup B di Stadion Segiri Samarinda diikuti : Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, Madura United.

Grup C di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, diikuti : Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya.

Sementara Grup D di Stadion
Kanjuruhan Malang, diikuti : Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri.

Pembukaan Piala Presiden 2022 akan berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 11 Juni mendatang mempertemukan Persis Solo melawan PSS Sleman.