SUMBAWA, Indotimes.co.id – Mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membuka Kejuaraan Dunia Motocross ( MXGP of Indonesia 2022) di Kantor Bupati Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (24/6). Dalam kegiatan ‘Welcome Ceremony’ ini, Menpora Amali menyampaikan salam hangat dari Kepala Negara kepada seluruh masyarakat NTB.

“Atas nama Presiden Republik Indonesia membuka MXGP 2022 di Sumbawa. Bapak Presiden menyampaikan salam hangat untuk masyarakat NTB, khususnya masyarakat di Sumbawa,” kata Menpora.

Menurut Menpora Amali, menjadi tuan rumah pada event internasional adalah suatu kehormatan. Oleh karenanya, NTB sebagai lokasi penyelenggaraan MXGP tahun ini harus menjadi tuan rumah yang baik.

“Bapak Presiden memberi pesan jadilah tuan rumah yang baik dan menyiapkan segala kebutuhan dengan maksimal, karena itu lah yang dikenang,” ujar Menpora .

Lebih lanjut, Menpora mengatakan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah dalam berbagai ajang olahraga tingkat internasional.

“Tentu ini menjadi harapan dan perintah Presiden kepada saya untuk mengambil sebanyak mungkin kegiatan olahraga internasional dilaksanakan di Indonesia, dan NTB sudah memulainya,” jelas Menpora pula.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku sangat senang karena daerahnya kembali menjadi tuan rumah pada event balap internasional. Sebelumnya, diselenggarakan MotoGP Mandalika.

“Selamat datang di Sumbawa, kami senang menyambut Anda semua. Sebelumnya kami menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika. Lokasi disini sangat bagus. Jadi saya harap para peserta MXGP tahun ini bisa menikmatinya. Terima kasih,” ujarnya.

Sebagai informasi, para pebalap akan menjalani serangkaian agenda sebelum berlomba pada seri ke-12 MXGP of Indonesia di Rocket Motor Circiut MXGP Samota-Sumbawa pada 25-26 Juni 2022.

Indonesia memiliki empat wakil dalam seri Kejuaraan Dunia Motocross 2022 tersebut. Farhan Hendra Fahrodjie akan bersaing di kelas utama, sedangkan Ananda Rigi Aditya, Muhammad Delvintor Alfarizi, dan Diva Ismayana berlaga di MX2.