MALANG, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) ke-13 Tahun 2022 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Kota Malang, Senin (21/11) malam.

Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan Presiden seyogyanya berkeinginan hadir langsung di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) dimana Opening Ceremony digelar, namun karena ada agenda kenegaraan yang bersamaan, maka menugaskan kepada Menpora untuk membuka kegiatan ini.

“Kehadiran saya mewakili Bapak Presiden. Karena harusnya Bapak Presiden Joko Widodo berkeinginan untuk hadir, tetapi karena ada agenda kenegaraan yang bersamaan waktunya maka menugaskan kepada saya,” ucapnya, di Graha Cakrawala UM, Senin (21/11) malam.

“Salam hangat dari Bapak Presiden dan permohonan maaf dan pemerintah mengapresiasi menyampaikan terima kasih kepada PWI yang sudah melaksanakan kegiatan Porwarnas,” tambahnya.

Kepada Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak yang hadir selaku Plt Gubernur dikarenakan Gubernur Khafifah Indar Parawansa ada kunjungan kerja ke Mesir, disampaikan terima kasih atas semua dukungan terhadap pelaksanaan Porwarnas. Hal ini merupakan bentuk kerjasama yang baik, membangun kebersamaan demi memajukan dan memasyarakatkan olahraga.

“Khususnya kepada Bu Khofifah dan Mas Emil serta Pemerintah Jawa Timur yang sudah menjadi tuan rumah, saya sampaikan terima kasih. Saya kira ini suatu hal yang sangat baik, kolaborasi yang sangat bagus antara PWI, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan seluruh jurnalis guna bersama memajukan dan memasyarakatkan olahraga,” katanya.

Melihat antusias para jurnalis dan pelaksanaan yang sudah ke-13, menandakan ada keseriusan. Meskipun bukan untuk mengejar menjadi atlet nasional, namun tujuan kebugaran dan kesehatan dapat dikedepankan demi produktivitas kerja yang lebih baik. Bahkan dalam kesempatan ini, Menpora mengusulkan untuk jangka waktu pelaksanaan dapat diperpendek demi semakin meningkatkan pertemuan antar para wartawan seluruh Indonesia dengan berbagai media.

“Saya kira ini penting untuk dilakukan yang selama ini per empat tahun, kalau boleh dipersingkat menjadi tiga tahun sekali umpamanya. Dipercepat supaya ada ajang bertemunya para jurnalis, para wartawan dari berbagai media dari seluruh Indonesia untuk bisa bersilaturahmi sambil berolahraga lebih sering lagi,” usulnya.

“Itu tujuannya bukan untuk menjadi atlet nasional, tetapi bagaimana menjaga kebugaran dikalangan para jurnalis. Itu penting sebab bila jurnalisnya bugar, sehat, tentu pemberitaan-pemberitaan akan lancar dan mendapatkan berbagai sumber berita akan baik,” tandasnya.

Porwarnas ke-13 ini digelar 21-27 November, diikuti oleh 34 Provinsi dan Surakarta sebagai Kontingen Khusus sebagai penghargaan tempat lahirnya PWI. Mempertandingkan 11 cabang olahraga, dengan total seluruh kontingen 2.200 orang.

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol oleh Menpora didampingi Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari. Sebagai penutup, penyalaan Api Porwarnas oleh Wartawan Senior, Mantan Menteri BUMN, dan Penasihat PWI Dahlan Iskan.