Jelang Peluncuran Satelit, Telkom Undang Siswa Ikuti Jelajah Angkasa

JAKARTA, Indotimes.co.id –Menjelang peluncuran Satelit Telkom 3S yang akan dilaksanakan pada 15 Februari mendatang, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengundang 250 siswa-siswi dari empat kawasan 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil), santri serta anak yatim piatu ke Stasiun Pengendali Utama Satelit Cibinong, Bogor Jawa Barat untuk mengenal lebih jauh mengenai satelit yang dibalut konsep Widya Wisata dengan tema “Jelajah Angkasa Anak Bangsa”.

“Kami memberikan edukasi yang dibalut konsep fun melalui Widya Wisata, sehingga para pelajar yang kami undang dapat mengenal lebih dalam mengenai persatelitan Indonesia,” ujar Direktur Network and IT Solution Abdus Somad Arief di Cibinong, Senin (30/1/2017).

Peluncuran Satelit Telkom 3S menandai kiprah 40 tahun Telkom Indonesia dalam mengelola satelit.

“Untuk itu, edukasi ini kami berikan khususnya kepada para pelajar yang kebetulan daerahnya memiliki Stasiun Bumi Kecil (SBK) seperti di Sabang, Merauke, Nunukan dan Flores agar memahami betul dampak Satelit terhadap aktivitas komunikasi masyarakat setempat,” ujar Abdus Somad Arief.

Baca juga :  Jaringan SMPCS Telkom Hadirkan Layanan Digital Berkualitas di Papua

Adapun peserta kegiatan Widya Wisata SPU Cibinong terdiri dari 32 perwakilan dari empat kawasan 3T, yakni SMAN I Sabang, SMP Keterampilan Negeri 9 Merauke, SMA 2 Nunukan, SMA 1 Soe Flores beserta 218 santri dan anak yatim piatu.

Selain meninjau pusat pengendali yang terdapat di Stasiun Pengendali Utama Satelit Cibinong, mereka juga disuguhkan pengalaman menjelajahi angkasa melalui virtual reality video 360o perjalanan dari bumi menuju angkasa serta Dome Planetarium yang terdapat di lokasi Widya Wisata.

Telkom akan meluncurkan Satelit Telkom 3S pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Perancis.

“Hingga saat ini semua persiapan on schedule, untuk itu dalam acara ini kami juga menggelar berdoa bersama sehingga kami harapkan agar persiapan selanjutnya, peluncuran satelit hingga tiba di orbit dapat berjalan lancar tanpa kendala,” ujar Abdus Somad Arief.

Pihaknya juga memohon doa restu dari seluruh rakyat Indonesia agar  Telkom dapat memberikan karya terbaik sehingga dapat memberikan manfaat bagi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. (chr)