Tahun Baru, Trafik Layanan Data Telkomsel Tembus 4 Petabyte

JAKARTA, Indotimes.co.id –  sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada periode akhir tahun 2016 hingga hari pertama tahun 2017.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, pada momen pergantian tahun tersebut tercatat trafik atau payload Telkomsel mencapai 4,25 petabyte, melonjak 24,25 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2016 sebesar 3,42 petabyte perhari.

“Tingginya peningkatan trafik layanan data salah satunya dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau momen penting menjelang dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial dan instant messaging,” kata Adita Irawati dalam keteranganya di Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan streaming, music streaming, maupun online games juga meningkat pada periode tersebut.

Di samping layanan data, menurut dia, kenaikan trafik juga terjadi untuk layanan suara dan SMS. Trafik layanan suara meningkat tipis 0,1 persen dibanding hari normal menjadi 1,5 miliar menit, sementara trafik layanan SMS naik 18,4 persen ketimbang hari normal menjadi 929 juta SMS.

Baca juga :  Infrastruktur Internet Cepat, Telkom-Pemkot Serang Hadirkan Taman Digital

“Kami bersyukur upaya kami untuk menyiagakan jaringan dalam kondisi yang optimum dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat pada momen pergantian tahun. Terima kasih atas kepercayaan pelanggan, sekaligus mohon maaf apabila masih terdapat kendala saat pelanggan menikmati layanan kami,” ujar Adita.

Adita menambahkan, bagi pihaknya kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di momen-momen spesial amat penting.

“Ini tentunya menjadi tantangan bagi kami untuk meningkatkan kualitas layanan pada momen-momen penting lainnya yang akan datang,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun, sejak jauh hari Telkomsel telah melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

687 titik keramaian utama seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, tempat wisata, mal dan pusat perbelanjaan, serta rumah ibadah telah diperkirakan akan dipadati oleh pelanggan pada masa pergantian tahun.

Baca juga :  Terbaru, Samsung Rilis Flip Phone Android W2017

Beberapa aktivitas yang dilakukan Telkomsel di antaranya membangun 723 base transceiver station (BTS) baru, mengerahkan 91 compact mobile base station (Combat), dan menambah kapasitas untuk layanan internet menjadi 837 Gbps.

“Dari sisi layanan, Telkomsel menyiagakan 487 Armada Mobile GraPARI, 2.668 modern channel Siaga dan 3.779 outlet Siaga, serta 85 GraPARI Siaga dan Call Center yang siap melayani pelanggan tanpa kenal hari libur,” katanya. (chr)