5 Tips Membuat Video Perjalanan Semenarik Mungkin
ILUSTRASI (Igor Korzh/Pexels)

Indotimes.co.id – Tidak masalah jika Anda akan melakukan perjalanan jauh atau istirahat sejenak tidak terlalu jauh. Anda harus membuat kenangan. Kenangan untuk dibagikan dengan keluarga dan teman di rumah. Benar bahwa Anda dapat memberi tahu mereka tentang hal itu. Tetapi untuk merasakan otentik, mereka perlu melihat apa yang Anda lihat dan mengalami apa yang Anda alami. 

 Tidak ada sukacita yang lengkap tanpa berbagi dengan seseorang. Berbagi kenangan adalah alasan utama untuk mengambil foto atau video. Buat video yang menarik untuk dibagikan dan melengkapi kegembiraan Anda. Rekam klip pendek selama perjalanan untuk dibawa pulang, edit dengan editor video.

Tapi tunggu, apakah pikiran untuk mengedit video membuat Anda takut? Kami memiliki tips dan trik untuk dibagikan kepada Anda untuk membuat video perjalanan Anda semenarik mungkin.

Persiapan untuk Memotret Video Perjalanan yang Menarik

Ingatlah bahwa Anda harus merekam semua video selama perjalanan. Perubahan pemikiran tidak dapat membawa Anda kembali untuk pemotretan ulang. Itu membutuhkan perencanaan yang cermat. Rencanakan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

Jenis Video Apa yang Akan Direkam?

Untuk memutuskan jenis video yang akan diambil, pertama-tama ketahui audiens Anda dan tujuan video tersebut. Anda kemudian dapat memilih untuk membuat vlog sinematik, inspirasional, potongan cepat, berjalan dan berbicara, atau video run-gun-shoot.

Peralatan Apa yang Saya Butuhkan?

Jika Anda berencana untuk memotret di luar negeri, hal yang perlu diperhatikan adalah berapa banyak perlengkapan yang harus dibawa. Akan lebih baik untuk meneliti tujuan tempat-tempat yang disewakan. Jika itu cocok untukmu. Ini akan menyelamatkan Anda dari masalah kelebihan bagasi, salah tempat atau salah penanganan bagasi. Jika opsi sewa tidak tersedia, ambil apa yang diperlukan setelah mengaturnya sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara Mengedit Video saya?

Tentukan editor video untuk membuat video online. Anda dapat mulai dengan aplikasi bawaan dan terus menggunakannya hingga Anda terbiasa mengedit. Pindah untuk menggunakan alat canggih saat Anda mahir. Nanti, Anda juga bisa bereksperimen dengan aplikasi profesional.  

Tips Membuat Video Perjalanan Menarik 

Jika Anda berencana untuk merekam perjalanan Anda dan tidak tahu bagaimana melanjutkannya. Baca tips yang tercantum di bawah ini untuk memberi Anda kepercayaan diri untuk memulai dengan baik dan membuat video yang akan Anda tampilkan dengan bangga.

Tonton Video Perjalanan 

Hebat Peralatan hebat dan tempat yang mewah untuk melakukan perjalanan tidak cukup untuk membuat video perjalanan yang luar biasa. Anda harus belajar terlebih dahulu. Tonton video untuk belajar dari mereka. Anda hanya dapat mereproduksi apa yang telah Anda serap. Jangan di copy tapi semoga menginspirasi untuk membuat video yang lebih baik. 

Anda akan menemukan banyak video perjalanan hebat di internet. Perhatikan orang-orang yang mencantumkan perlengkapan dan cerita. Tonton sebanyak mungkin sebelum memilih beberapa yang ingin Anda tonton berulang kali. Serap berbagai tahapan video dan catat. 

Periksa sudut kamera dan teknik yang digunakan. Ketahui mengapa klip tertentu berada dalam bingkai tertentu. Pelajari formatnya. Setelah Anda menonton video, praktikkan pembelajaran dengan sempurna. Pergi keluar dan film, periksa video dan belajar dari kesalahan Anda.

Rencanakan Perjalanan

Anda harus memulai dengan benar untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Alasan Anda melakukan perjalanan ini adalah untuk menikmati liburan dan membuat kenangan yang akan bertahan seumur hidup. Jangan biarkan pembuatan video membuat Anda lupa untuk memanfaatkan liburan Anda sebaik mungkin. Alokasikan waktu untuk pemotretan dan relaksasi. Pencahayaan menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Rencanakan pemotretan saat cahaya terbaik dan sisakan sisa hari untuk menjelajahi tempat atau bersantai. Bawa kamera Anda sepanjang waktu untuk bidikan spontan.

Punya cerita untuk diceritakan dan jadwal terperinci untuk pemotretan Anda. Satu kesalahan besar yang dilakukan pemula adalah mereka pertama kali menembak sebanyak yang mereka bisa. Setelah rekamannya siap, mereka berencana untuk meletakkannya sepotong demi sepotong. Pembuatan video bukanlah teka-teki gambar yang bisa Anda kumpulkan. 

Bahkan jika Anda belum pernah ke tempat itu sebelumnya, teliti lokasinya dan rencanakan semuanya. Rencana dari mana untuk memulai dan di mana untuk menyelesaikan. Jadwalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemotretan.

Periksa daftar Anda, periksa apakah Anda melewatkan sesuatu. Pastikan Anda memiliki cukup, atau Anda bisa kehabisan, dan pengeditan bisa membuat frustrasi.

Jadwalkan Semua

Saat Anda membuat video tentang tempat tertentu, minat penonton adalah itu dan bukan apa yang Anda lakukan di sana. Tampilkan lebih banyak lagi, pemandangan lokal, orang-orang, makanan mereka, dan hal-hal lain hanya ditemukan di sana. Saat itulah video Anda akan menginspirasi pemirsa untuk melakukan apa yang Anda lakukan. 

Ketika penonton mengklik video, misalnya, berjudul – 5 tempat yang harus dilihat di Milan, dia mengkliknya dengan keinginan untuk melihat Milan. Dia tidak bermaksud melihatmu bersenang-senang di pesta di 5 lokasi di Milan.

Buat Pemirsa Tetap Tertarik 

Sulit untuk membuat pemirsa tetap terhubung dengan video perjalanan hingga bingkai selesai. Itu karena video semacam itu tidak memiliki cerita dan struktur. Lalu bagaimana Anda akan memastikan bahwa mereka menontonnya sampai akhir?

Tempatnya mungkin sama, lakukan yang terbaik dengan tekniknya. Gunakan berbagai sudut, bidikan putaran lambat, bidik dari kendaraan saat bergerak, atau coba sesuatu yang inovatif untuk membuatnya menarik.

Sebagian besar bidikan Anda akan berupa ruang terbuka atau bangunan. Bawa kehidupan ke dalamnya dengan menambahkan bingkai orang-orang yang bergerak dan anak-anak yang ceria. Anda juga dapat mengambil snapshot dan hyper-lapse untuk efek gerakan. Anda mungkin menemukan penduduk setempat yang penasaran selama pemotretan Anda. Minta mereka untuk pemotretan, dan sertakan dalam video. Wajah yang tersenyum dapat menghidupkan video Anda.

Menenunnya Bersama

Pada tahap ini, Anda akan memiliki banyak rekaman yang tidak akan masuk akal kecuali jika disatukan secara bermakna. Satukan mereka untuk merinci cerita Anda, sempurnakan alur di antara potongan, dan padukan gambar. Terakhir, tambahkan soundtrackmenyenangkan yangyang membantu penonton terhubung secara emosional.

Pikiran Akhir

Anda memiliki semua tips yang Anda butuhkan untuk merekam video pertama Anda. Anda telah mengedit video dengan favorit Anda editor video. Semuanya sudah siap sekarang. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengunggahnya dalam kualitas tertinggi dengan konsistensi file sumber. Duduk dan baca komentar pemirsa yang memberi selamat kepada Anda untuk video yang diambil dengan baik.