JAKARTA, Indotimes.co.id – Lantai juga menjadi tempat tinggal bakteri yang sering kita sepelekan. Bagaimana tidak, sering kali kita melewati lantai dengan atau tanpa alas kaki, bahkan kita tidak sengaja menumpahkan makanan ke atasnya.

Memang, kita bisa membersihkannya dengan sapu dan alat penyedot debu. Namun, kita tetap perlu menghilangkan noda yang menempel dengan memakai alat pel lantai.

Untuk itulah, penggunaan alat pel juga perlu kita rawat sebaik mungkin supaya tahan lama. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat alat pel.

1. Cuci Kain Pel Secara Rutin

Setelah selesai mengepel lantai rumah, pastikan selalu membilas kain pel sampai benar-benar bersih. Hal ini penting dilakukan karena kain pel yang masih memiliki bekas kotoran yang bisa menyebar padabpemakaian berikutnya. Selain itu, sisa sabun yang menempel juga bisa merusak serat dari kainnya.
Kamu bisa mencuci kain pel dengan merendamnya di dalam ember berisi air hangat dan detergen pemutih. Setelah itu, bilas kembali kainnya menggunakan airnbersih.

2. Keringkan Kain Pel

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, kita perlu mengeringkan kainbpel tiap selesai dicuci. Tenang saja, kamu bisa melakukannya dengan cara memeras kain pel sekeras mungkin.

Kemudian, letakkan kain pel di atas tali jemuran yang terkena sinar matahari secara langsung. Jika cuaca sedang hujan di luar rumah, kamu bisa meletakkannya di area lain yang kering dan memiliki ventilasi udara, seperti dekat jendela.

3. Simpan Alat Pel di Area yang Kering

Bila kain pel sudah kering sepenuhnya, kamu bisa menyimpannya di dalam lemari.
Untuk kain pel yang menyatu dengan gagangnya, kamu bisa menggantung kepala pel ke arah atas. Jadi, kain pel tidak menyentuh lantai yang kotor dan tidak lembap.

4. Ganti Kain Pel Baru

Fungsi utama alat pel lantai adalah untuk membersihkan dannmengangkat sisa kotoran atau bakteri yang menempel. Untuk itulah, kita perlu rutin mengganti kain pel lama dengan yang baru setiap dua sampai tiga bulan sekali. Bila tidak, kainnya bisa cepat kotor, kusam, dan ratusan bakteri akan menempel sempurna.

Itu dia keempat tips merawat alat pel lantai yang bisa kamu lakukan di rumah. Kamu bisa membeli alat pel berkualitas dengan mengunjungi situs belanja online ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menawarkan berbagai perlengkapan rumah tangga dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, Ataru, Krisbow, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime,Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.