JAKARTA, Indotimes.co.id – Sebanyak 180.000 penjual lokal dalam kategori Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Shopee telah berhasil melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam. Bahkan pada pertengahan tahun 2021, Shopee juga mulai membantu UMKM memasarkan produk hingga Brasil, sejalan dengan tujuan ekspor pemerintah demi meningkatkan perdagangan ke pasar non-tradisional.

Untuk menginspirasi lebih banyak UMKM ekspor, Shopee hari ini menghadirkan webinar dengan tema Kisah Sukses Kibarkan Merah Putih di Pasar Global dengan Program Ekspor Shopee. Dalam acara ini, hadir 2 UMKM lokal yang telah berhasil menjangkau pasar global, yakni Wallts dan Handmadeshoesby.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kenaikan angka ekspor nasional di bulan Juni 2021 sebesar 54,46 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Lonjakan di sektor ekspor nonmigas, khususnya, memberikan gambaran optimisme bagi Program Ekspor Shopee untuk terus berkontribusi terhadap peningkatan tren ini. Dengan terus bertambahnya destinasi ekspor ke berbagai negara, diharapkan dapat merangkul semakin banyak pelaku UMKM tanah air untuk unjuk gigi ke pasar dunia.

Melalui Program Ekspor Shopee, Shopee terus berupaya membawa UMKM naik kelas agar bisa menaikkan ekspor nasional dengan cara meningkatkan kapasitas UMKM yang berorientasi ekspor, sehingga mampu menciptakan eksportir baru dari UMKM.

Balques Manisang, Head of Government Relations Shopee Indonesia menyatakan “Senang sekali hari ini kita dapat mendengarkan cerita dua pelaku UMKM dengan keberhasilannya mengibarkan merah putih di pasar global bersama Program Ekspor Shopee. Melalui komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM agar mampu bersaing di kancah global melalui berbagai pengembangan inovasi dan program. Kami berharap, dapat menjadi mitra UMKM untuk bertumbuh dalam kuantitas dan kualitas, baik secara lokal maupun global dan produk dalam negeri bisa terus diminati dan dicari.” terang Balques.

Baca juga :  Kemenkop UKM Fasilitasi Kemitraan Petani Jagung 

Menurutnya, melalui Program Ekspor Shopee, Shopee ingin membantu lebih banyak UMKM lokal untuk bisa menjangkau pasar global. Hingga Juli 2021, beragam produk lokal laris di pasar internasional, dengan total penjualan harian sebanyak 50.000 produk setiap harinya melalui platform Shopee.

Berbagai program dari hulu ke hilir dihadirkan untuk mendorong dan mendukung UMKM dapat ekspor, mulai dari edukasi, pelatihan, dan pendampingan secara online melalui program Kampus Shopee.

Bahkan pada tahun 2021 ini. tambahnya, Shopee juga menghadirkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Semarang dengan berbagai fasilitas dan layanan ekstensif yang dapat dinikmati oleh seluruh pelaku UMKM di kota tersebut. Para pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan bisnis digital dan menjadi bagian dari Program Ekspor Shopee.

Kisah Sukses  Dua UMKM Lokal  Mendunia Bersama Shopee

Kisah sukses para UMKM lokal yang menembus pasar dunia bersama Shopee ini. diutarakan
M. Adzwin Perwira, yang berhasil membawa produknya menembus pasar  Malaysia dan Singapura.

Menurut Adzwin, dirinya tak pernah terpikirkan sebelumnya  bisa menjual produk hingga Malaysia dan Singapura.

Namun, melihat peluang besar di produk dompet kulit, dia memberanikan diri mendirikan usaha bernama Wallts sejak tahun 2015 lalu.

Baca juga :  IRC Luncurkan IRC RX-02 Generasi Terbaru

Sejak awal, Adzwin memiliki misi untuk menyiapkan kapasitas produksi yang besar untuk menjawab permintaan pasar.

Hingga kini, Adzwin telah berhasil menjual ratusan ribu dompet di tanah air, dan menjual lebih dari puluhan dompet ke Malaysia dan Singapura bersama dengan Shopee.

“Ekspor merupakan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh kami sebelumnya. Pertama kali mendapatkan order ekspor di tahun 2019, perasaan kami campur aduk; senang sekaligus kaget. Ini semua tidak luput dari campur tangan platform digital seperti Shopee yang sudah mendampingi kami sejak awal,” ungkap Adzwin.

Tahun ini, Adzwin berencana untuk semakin menaikkan angka penjualan produk ekspornya dan merambah penjualan ke berbagai negara tujuan ekspor Shopee lainnya.

Hal senada diungkapkan pelaku UMKM lokal lainnya,  yang juga sukses masuk ke pasar global.
Delta Hesti, pemilik produk sepatu dan tas asal Surabaya yang merupakan lulusan Sekolah Dasar dan pernah bekerja menjadi petugas kebersihan.

Perempuan yang akrab disapa Hesti ini,  memulai bisnisnya dengan menjual sepatu dan baju yang masih layak pakai hingga kemudian berkembang membangun bisnisnya sendiri dengan nama Handmadeshoesby.

“Teknologi membantu bisnis kami untuk berkembang. Perjalanan kami bersama Shopee membuktikan bahwa usaha rumahan juga dapat membantu memerdekakan orang-orang di sekitar kami dengan membuka lapangan kerja baru. Terlebih dengan dibutuhkannya tim produksi yang mengandalkan pekerjaan tangan manusia untuk memenuhi permintaan masuk melalui Shopee.” ungkap Hesti.

Hesti tidak menyangka, Program Ekspor Shopee bisa membantu usaha miliknya mendulang kesuksesan di pasar global. Saat ini, Handmadeshoesby sudah berhasil mengekspor puluhan produknya ke Malaysia dan bertekad untuk meningkatkan penjualan ekspornya, serta merambah pasar yang lebih luas lagi.

Baca juga :  Berdayakan KUKM, DPR Siap Perjuangkan Tambahan Anggaran

Menurut Hesti, program ekspor yang diberikan oleh Shopee sangst membantu meningkatkan kualitas produknya agar tidak kalah saing dengan produk serupa di luar negeri.

Shopee berkomitmen untuk menjadi mitra UMKM dalam meningkatkan kapasitas serta jangkauan mereka. Calon pengekspor dapat mendaftarkan dirinya secara langsung ke Shopee Indonesia melalui tautan ini untuk mengikuti serangkaian program ekspor di Shopee Indonesia.

Tentang Shopee

Sejak tahun 2015, Shopee Indonesia merupakan perusahaan e-commerce yang telah menghubungkan konsumen, penjual, dan bisnis.

Shopee menghadirkan pengalaman yang mudah, aman, dan menarik untuk dinikmati jutaan pengguna

setiap harinya. Kami menawarkan beragam pilihan produk yang luas, didukung oleh sistem pembayaran dan logistik yang terintegrasi, serta fitur hiburan populer yang disesuaikan untuk kebutuhan pengguna kami. Shopee ikut membantu perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan komitmen kuat untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah lokal sukses di dunia e-commerce.

Shopee adalah bagian dari Sea Limited (NYSE:SE), perusahaan konsumen global terkemuka berbasis internet. Misi Sea adalah untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi para konsumen dan juga usaha kecil dengan menggunakan teknologi. Selain Shopee, bisnis inti Sea lainnya mencakup bagian hiburan digital, Garena, dan layanan keuangan digital, seperti ShopeePay and SPayLater.