BUMN Harus Bisa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

REMBANG, Indotimes.co.id – Pemerintah memastikan keberadaan badan usaha milik negara () yang bergerak di berbagai sektor usaha harus bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di daerah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengatakan, selain memberikan keuntungan bagi perusahaan, juga kesejahteraan warga di wilayah operasi harus semakin baik.

“Begitu pula, peran masyarakat untuk pengembangan BUMN sangat penting, termasuk pabrik. Misalnya Semen Indonesia (beroperasi -red) di Rembang ini,” kata Rini  didampingi Direktur Utama PT Semen Indonesia Rizkan Chandra saat meninjau Pabrik Semen Indonesia, di Rembang, Jawa Tengah, Jumat (17/3/2017).

Rini juga menegaskan komitmennya bahwa kehadiran BUMN harus bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan mengajak dua dirut BUMN, yakni Bank Mandiri dan BNI untuk membantu usaha kecil menengah (UKM).

“Saya ingin mengajak membuat program untuk membiayai UKM yang tujuannya agar di desa ini masyarakatnya bisa memiliki aktivitas lain, seperti usaha,” katanya.

Baca juga :  KUD Koto Salak Berkontribusi Pada Sosial-Budaya

Menurut dia, kehadiran perbankan bisa membantu dukungan pinjaman kepada masyarakat yang mengembangkan UKM sehingga kesejahteraannya meningkat.

Selain itu, kata dia, warga yang tinggal di lima desa di ring I akan dibikin kemitraan dengan BUMN lainnya, yakni anak usaha Bulog yang tentunya membutuhkan dukungan kepala-kepala desa untuk membantu program tersebut. (Chr)