Inacraft On October 2023, Ini Dua UMKM Binaan BNI Xpora Yang Dikunjungi Presiden

JAKARTA, Indotimes.co.id – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus proaktif dalam mengembangkan UMKM agar mendapat kesempatan naik kelas dan go global, salah satunya dengan turut berpartisipasi dalam event Pameran Inacraft on October 2023.

Adapun, BNI mengikutsertakan beberapa UMKM Binaan UMKM binaan BNI Xpora yang telah berhasil naik kelas dan go global. Di samping itu, dari total 700 UMKM yang ikut dalam acara ini hampir 60 persennya telah menjadi nasabah BNI.

Secara khusus, Presiden Joko Widodo pun sempat berkunjung ke Booth BNI Xpora Lounge untuk bertemu dengan dua UMKM binaan BNI Xpora, yaitu Mahorahora Bumi Nusantara dan Ganesha Abaditama.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengungkapkan rasa syukurnya karena perseroan dapat menjalankan mandat sebagai bank global asal Indonesia dengan sangat baik.

“Kunjungan Presiden ke dua UMKM binaan BNI Xpora merupakan penghargaan tertinggi, dan akan menjadi penyemangat bagi BNI sekaligus UMKM binaan lainnya untuk terus mengembangkan kapasitas dan kapabilitasnya agar mampu Go Global,” katanya.

Royke memaparkan, Mahorahora Bumi Nusantara merupakan perusahaan penghasil gula aren berkualitas yang juga berfokus pada pemberdayaan petani dan masyarakat.

Untuk menghasilkan aren dengan kualitas terbaik, Mahorahora bermitra dengan para petani di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Saat ini Mahorahora telah memiliki website dan sosial media yang dikelola dengan baik. Selain itu, manajemen menggunakan produk layanan Taplus Bisnis, BNI Direct, dan Payroll BNI untuk pembayaran gaji karyawan dan petani binaannya.

Mahorahora telah melakukan ekspor dengan negara tujuan Singapore dan New Zealand. Benefit yang telah didapatkan yaitu produk Mahorahora selama menjadi binaan BNI Xpora yaitu diikutsertakan dalam pameran Food Expo di Hong Kong dan Korea Selatan. Terdapat beberapa buyer yang tertarik dengan produk Mahorahora di Hong Kong dan Korea Selatan.

Sementara itu, PT Ganesha Abaditama yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur merupakan UMKM yang bergerak sebagai penyuplai rempah dan bumbu ke supermarket dan bisnis kuliner lainnya.

Dalam menjalankan operasional bisnisnya, PT Ganesha Abaditama sudah melakukan digitalisasi dan memanfaatkan layanan BNI antara lain menggunakan BNI Direct, rekening Taplus Bisnis serta mendapatkan fasilitas pendanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI dengan maksimal Rp500 juta.

Saat ini, PT Ganesha Abaditama fokus untuk melakukan ekspor produk dan telah menjadi binaan BNI Xpora. Benefit yang telah didapatkan selama menjadi binaan BNI Xpora antara lain pelatihan dan pendampingan ekspor serta keikutsertaan dalam pameran seperti Food Expo di Hong Kong dan Korea selatan.

Selain itu, mereka juga mengikuti business matching dengan Lotte Group Korea Selatan yang diinisiasi oleh Atase Perdagangan Seoul dan BNI Xpora. Saat ini perusahaan telah melakukan pengiriman produk ke China dan dalam proses negoisasi dengan buyer New Zealand.

“Dengan menjadi binaan BNI Xpora, diharapkan dapat memberikan potensi market baru di negara lain bagi para pelaku UMKM,” tandas Royke.