JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki meresmikan gelaran KUMKM Ramadan Fair 1445 yang merupakan acara rutin tahunan setiap bulan puasa, sekaligus Gerakan Zakat Bersama Baznas di lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM.

“Momen Ramadan dan Hari Raya merupakan waktu yang baik bagi pelaku KUMKM untuk menghasilkan produk-produk kebutuhan masyarakat yang inovatif setiap tahunnya,” kata Teten Masduki saat meresmikan acara KUMKM Ramadan Fair 1445 H di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin (1/4).

Sisi lain, event ini selain menjadi ajang yang efektif untuk promosi dan pemasaran produk KUMKM, juga sekaligus menjadi media bagi pegawai dan masyarakat sekitar Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendapatkan akses kebutuhan pokok dan kebutuhan lebaran berkualitas secara lebih mudah dan terjangkau.

Menkop UKM menambahkan, meningkatnya kebutuhan masyarakat bulan ini dan hari raya menjadi peluang bagi para pelaku KUMKM untuk meningkatkan penjualannya. “Kegiatan ini bisa memotivasi para pelaku KUMKM untuk membangun serta mengembangkan usaha. Sebab, pilar ekonomi nasional itu ada di UMKM,” kata Teten.

Bagi Menkop UKM, pemerintah bertugas memberikan dukungan pengembangan usaha, yang salah satunya melalui UMKM Ramadan Fair ini.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan program Kemenkop UKM dalam rangka perluasan jaringan pemasaran KUMKM yang pada tahun ini mengangkat tema “Bulan Berkah, Belanja Murah, UMKM Sumringah”.

“Selain memperluas jaringan pemasaran usaha mikro, kegiatan ini juga untuk meningkatkan omset penjualan, menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya untuk Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445, serta dan meningkatkan kepedulian sosial bagi masyarakat,” kata Yulius.

Dia menambahkan, KUMKM Ramadan Fair ini dilaksanakan selama tiga hari dari 1-3 April 2024, bertempat di Lobby dan Halaman Kantor Kemenkop UKM Jakarta.

Rangkaian kegiatan antara lain bazaar yang diikuti 90 pelaku KUMKM sektor fashion, kerajinan, kuliner, dan kebutuhan pokok. Ada juga Workshop meliputi Cooking Class Menu Lebaran, Make Up dan Hijab Muslimah, dan Pengemasan Hampers Lebaran.

Tak ketinggalan, ada juga kegiatan lain yaiti Kompetisi Hafiz Cilik, Da’i Cilik, Nasyid, dan Sosial Media Reels Contest. Termasuk launching Gerakan Zakat Kementerian Koperasi dan UKM, santuan kepada anak yatim dan dhuafa. Terakhir, acara buka puasa bersama Unit Deputi Bidang Usaha Mikro dan peserta bazar, dimeriahkan Pentas Seni Budaya Islami.