Menperin Apresiasi Peran Iwapi Bangkitkan Semangat Pelaku Usaha
Foto.ist

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan apresiasi peran Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia () yang turut membangkitkan semangat para anggotanya untuk tetap menjalankan usaha di tengah pandemi COVID-19.

“Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah yang ingin terus memacu roda perekonomian nasional guna menyejahterakan masyarakat,” kata lewat keterangannya secara virtual di Jakarta, Jumat (5/6).

Menurut dia, pemerintah fokus memulihkan kembali sektor usaha yang terimbas pandemi COVID-19. Tidak hanya bagi industri skala besar, tetapi juga termasuk sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Sebab, pelaku IKM merupakan sektor usaha yang mendominasi di Tanah Air dan telah mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Perhatian pemerintah kepada sektor IKM atau UMKM cukup besar. Jadi, kami terus berupaya agar sektor industri tidak mendapat tekanan lebih dalam lagi dari dampak pandemi saat ini, dan nantinya lebih mudah untuk rebound saat dalam kondisi new normal,” paparnya.

Baca juga :  PLN Rancang Pola Khusus LNG di Maluku dan Papua

Berdasarkan data Kemenperin tercatat jumlah sektor IKM tumbuh dari 3,6 juta unit usaha pada 2015 menjadi 4,6 juta unit usaha pada 2019. Untuk sektor IKMA, telah menyerap tenaga kerja cukup banyak hingga 10,8 juta orang dengan nilai produksi lebih dari Rp1 triliun pada 2019.

Menurut Agus, sektor industri kecil memiliki peranan penting bagi kelompok industri skala menengah dan besar. Oleh karena itu, Kemenperin fokus terhadap pengembangan sektor IKM, termasuk sisi produktivitas hingga pemasarannya.