JAKARTA, Indotimes.co.id – Kehadiran siaran televisi digital sebagai sesuatu yang tak dapat dihindarkan, pada era digital seperti saat ini. Sejalan dengan keputusan Pemerintah Indonesia yang menghentikan siaran televisi analog (analog switch off/ASO) dan bermigrasi ke siaran digital secara bertahap di Tanah Air, maka kehadiran alat Set-top box (STB) atau juga dikenal sebagai dekoder dan receiver sebagai suatu yang tak dapat dihindari.

STB adalah alat yang berisikan perangkat dekoder yang berguna untuk menangkap siaran televisi digital.

Tentunya masyarakat yang ingin menonton siaran televisi pun harus bermigrasi ke siaran digital untuk mengakses siaran televisi.

Kehadiran alat Set-top box (STB) sangat membantu masyarakat dapat menyaksikan siaran televisi digital

Sejauh ini masyarakat dibeberapa wilayah, Jabodetabek, Bandung, Yogya, dan di Jawa Timur, sudah mulai memburu STB untuk kebutuhan menonton siaran televisi. Namun, kebutuhan masyarakat sepertinya tak sebanding dengan ketersediaan maupun kualitas alat STB ini.

Pemberlakuan analog switch off atau berakhirnya siaran TV analog di beberapa tempat seperti di Bandung, Jogja dan Surabaya, menjadikan masyarakat panik dalam memburu dan membeli STB, hingga situasinya pada saat itu STB dijual dengan sangat tinggi harganya, bahkan sampai mencari merk apapun dengan kualitas yang buruk di pasaran. Tanpa adanya garansi, kalau pun ada hanya garansi toko saja.

Karena itulah, Nextron, sebagai salah satu dari 10 merk STB yang telah direkomendasikan oleh pemerintah, yaitu telah tersertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mampu menyediakan kebutuhan masyarakat, dengan produk yang berkualitas.

Firdhos Fauzi, Direktur Utama PT Nextron Teknologi Indonesia menyebutkan, Nextron memberikan STB yang berkualitas terbaik. “Ini agar masyarakat tidak sembarangan memilih STB yang berkualitas buruk. Nextron memberi garansi satu tahun, karena diproduksi di Indonesia,” ujar Firdhos Fauzi kepada awak media saat mengunjungi pabrik Nextron di kawasan Industri Delta Silicon Cikarang, Jawa Barat, Rabu (25/1).

Firdhos Fauzi menjelaskan, Nextron ini adalah satu-satunya STB yang diproduksi di Indonesia, meskipun chipsetnya impor.
Dengan diproduksi di Indonesia, Nextron akan memberi garansi riil, selama setahun kepada masyarakat yang membeli STB.

“Jika STB rusak atau adaptor yang rusak, remotenya rusak, akan diganti dan berlaku selama setahun itu,” terangnya.

Pihak Nextron pun menghimbau, sebaiknya masyarakat segera didorong membeli STB Nextron karena kualitasnya yang sangat baik.

Menurut Firdhos Fauzi, ada beberapa kelebihan dari STB merk Nextron dibanding yang lainnya. Pertama dari jumlah siaran channelnya akan jauh lebih banyak dengan STB TV digital lainnya. Yang kedua gambarnya menjadi jernih, suaranya menjadi bening.

“TV zaman dahulu yang bertipe tabung pun akan menjelma menjadi Smart TV yang keren, bagus sekali dengan STB Nextron ini. Jika masyarakat memiliki wi-fi dan membeli dongle WiFi, nanti bisa digunakan untuk melihat Youtube, Tiktok dan sebagainya,” tambah Firdhos Fauzi.

Sementara itu, CEO Nextron Indonesia, Lee Ki Sou menjelaskan, ketahanan STB Nextron telah diuji dengan baik.

“STB Nextron diuji selama 72 jam menyala, di bawah suhu 35-40 derajat celcius. Jadi STB Nextron telah lolos uji soal ketahanannya aman untuk digunakan oleh masyarakat,” kata Firdhos Fauzi, menambahkan.

Menurutnya untuk body dari STB Nextron dibuat dari bahan plastik ABS, yang memiliki daya tahan terhadap panas cukup tinggi.

Selain itu dari kajian pihak Kemenkominfo, dari 19.144 unit STB Nextron yang telah digunakan, hanya satu unit yang gagal berfungsi.

Fidhos Fauzi pun mengatakan, masyarakat perlu mendapat edukasi dan sosialisasi dengan baik, terutama golongan masyarakat menengah ke bawah mengenai kulitas STB Nextron.

“STB Nextron ini jelas da jaminan garansi riil. Kualitas di atas rata-rata, hasil uji lapangan kualitas STB Nextron ini jauh di atas STB lain yang ada di Indonesia,” pungkasnya.