JAKARTA, Indotimes.co.id – Serikat Pekerja PLN () menekankan akselerasi peningkatan kinerja perusahaan melalui kolaborasi untuk menjawab semua tantangan yang ada di PT PLN secara bersama-sama.

Ketua Umum Serikat Pekerja PLN (SP PLN), M mengatakan, kolaborasi antara pekerja dan manajemen perusahaan merupakan poin terpenting.

“Kerjasama yang kemarin sudah terjalin dengan baik, hanya saja karena pandemi kita dibatasi bertemu tatap muka. Pembahasan masalah-masalah akan lebih baik kalau didiskusikan secara tatap muka,” kata Abrar Ali dalam acara Rapat Kerja (Raker) Nasional SP PT PLN (Persero) di Jakarta, Rabu (15/12).

Oleh karena itu, dia berharap, ada langkah-langkah konkrit, konstruktif dan positif terkait kolaborasi antara pekerja dan manajemen PLN di bawah kepemimpinan yang baru diangkat sebagai Dirut PLN.

“Pengangkatan, pemberhentian dan penentuan hak serta kewajiban pegawai harus dikomunikasikan dengan serikat pekerja dalam bentuk PKB (Perjanjian Kerja Bersama),” ujar Abrar Ali.

Baca juga :  ICCI Tawarkan Konsep Start Up Coop

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menilai, SP PLN adalah kekuatan internal perusahaan.

Sebab SP PLN yang menaungi para pekerja PLN merupakan kekuatan yang terintegrasi dengan PLN. “Bersama dengan manajemen PLN, tujuan bersamanya tetap satu, agar PLN tetap kokoh,” kata Darmawan.

Dia melihat perjuangan SP PLN itu pengejawantahan semangat yang berkobar. “Saya sebagai Dirut ingin agar SP PLN ini, kekuatan besarnya bisa disinergikan dengan kekuatan yang ada di struktur organisasi formal yang saat ini dipimpin oleh saya,” katanya.

Darmawan menambahkan, tantangan yang dihadapi oleh PLN ke depan sangat berat. Sebab, mantan tim sukses Presiden Joko Widodo ini mendapat arahan dari Presiden agar dapat menyelesaikan persoalan kerugian yang terjadi di tubuh PLN saat ini.

“Saya enggak rela PLN merugi, saya akan keluarkan kebijakan agar PLN kokoh,” ungkapnya.

Baca juga :  Peran Koperasi Perikanan Perlu Dikembalikan di TPI

Oleh karena itu, Darmawan menambahkan, pihaknya berkomitmen siap berkolaborasi dan berjuang bersama dengan rekan-rekan yang ada di lingkungan SP PLN.