Waralaba Cara Efektif Tingkatkan Rasio Kewirausahaan

JAKARTA, Indotimes.co.id – Sekretaris Kementerian dan menegaskan, model bisnis (franchise) merupakan salah satu cara paling efektif untuk melahirkan wirausaha baru, sekaligus meningkatkan rasio di Indonesia yang baru mencapai 3,1 persen.

“Di Indonesia ada 62 juta lebih . Dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen itu bagus, tapi apakah sudah merata? jawabnya belum. Kesenjangan harus dikurangi, salah satunya dengan mengembangkan koperasi dan UKM.
Waralaba adalah model bisnis yang cocok bagi UKM karena memberikan peluang bagi pengusaha UKM dalam mengembangkan usahanya,” ujar dan UKM, dalam sambutannya pada pembukaan pameran International Franchise Licence & Business Concept (IFRA) 2018, di JCC, Jakarta, Jum’at (20/7).

Turut hadir dalam acara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahja Widayanti, Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Andrew Nugroho dan chairman ameritus AFI, Anang Sukandar.

Baca juga :  Hadapi Persaingan Global, RI-Korea Tingkatkan Inovasi UKM

Meliadi memaparkan, waralaba merupakan bentuk kerja sama bisnis berjangka panjang yang menjadi bagian dari pola kemitraan.

“Kerja sama ini tak hanya memiliki tujuan ekonomi, namun juga sosial seperti masalah pemerataan dan keadilan dalam berusaha,” katanya.

Hal itu karena didalam bisnis waralaba, akan terjadi penyatuan business plan, adanya transfer sumber daya finansial, keahlian atau teknologi, antara usaha besar, menengah dan kecil.

Menurut Meliadi, yang kurang dari bisnis waralaba ini adalah perluasan jenis usaha waralaba yang ditangani.

“Misalnya agribisnis yang tampaknya masih kurang. Kebanyakan waralaba bergerak di kuliner, fashion. Padahal keunggulan kita banyak dan itu perlu digali lagi,” pesannya

Stabilisasi Harga

Dirjen Perdagangan Dalan Negeri Kemendag, Tjahja Widayanti mengatakan
prospek bisnis waralaba amat sangat menjanjikan.

“Presiden RI bapak Joko Widodo juga concern terhadap waralaba ini, karena sesuai dengan arah pembangunan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan,” katanya.

Baca juga :  Kemenkop Rancang Pemberdayaan UKM dengan Pemuda Pancasila

Menurut Dirjen, sistem waralaba ini merupakan sistem distribusi yang baik, karena dapat diterapkan bagi usaha baru, yang belum bisa berkembang sendiri.

“Namun dengan waralaba, kita bisa memulai sebagai entrepreneur.
Memang tak mudah, perlu fokus,” tegasnya.

Menurut Tjahja, dikaitkan dengan tugas pemerintah dalam stabilisasi harga, bisnis waralaba sangat memberikan kontribusi.

“Waralaba udah punya sistem standar dan harga bisa di-maintenance,” pungkasnya.

Ketua Umum AFI Andrew Nugroho mengatakan bisnis waralaba dalam beberapa tahun terakhir berkembang pesat.
“Terjadi lompatan pertumbuhan sebesar 20 persen dari 2016 ke 2017,” katanya.

Karena itu dalam penyelenggaraan IFRA 2018 yang merupakan ke 16 kalinya ini, pihaknya menargetkan terjadi transaksi sampai Rp 7 triliun.