Lirik Lagu Hymne Pramuka Lengkap, Sejarah dan Maknanya

Indotimes.co.id – Salah satu lagu wajib nasional Indonesia yang ditulis oleh M. Mutahar adalah Hymne Pramuka.

Selain hapal lagi Hymne Pramuka, kalangan Pramuka juga wajib memahami dan mengetahui sejarah, arti dan maknanya.

Sejarah dan Makna

M. Husein Mutahar atau lebih dikenal dengan nama H. Mutahar, adalah seorang komponis musik Indonesia, terutama untuk kategori lagu kebangsaan dan anak-anak.

Sederetan lagu populer dan fenomenal ciptaan pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 5 Agustus 1916 dan meninggal di Jakarta, 9 Juni 2004 ini adalah hymne Syukur (diperkenalkan Januari 1945) dan mars Hari Merdeka (1946).

Karya terakhirnya, Dirgahayu Indonesiaku menjadi lagu resmi ulang tahun ke-50 Kemerdekaan Indonesia.

Berikut lirik lagu Hymne Pramuka

Kami
Pramuka Indonesia
Manusia pancasila
Satya ku kudarmakan
Darma ku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia
Tanah airku
Kami jadi pandumu

Not Balok

Lirik Lagu Hymne Pramuka Lengkap, Sejarah dan Maknanya

Sekilas Pramuka

Pramuka atau Praja Muda Karana adalah salah satu oraganisasi yang wajib dan pasti ada disetiap sekolah di Indonesia mulai dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah atas bahkan didunia perkuliahan pun organisasi yang satu masih digunakan dalam hal pendidikan non-formal.

Organisasi yang satu ini merupakan pendidikan dalam bentuk non-formal yang fungsinya untuk pembentukan karakter dan juga pengembangan skill. Biasanya laki-laki yang mengikuti kegiatan ini untuk membentuk karakter tangguh pada diri mereka karena pelatihan yang ada pada pramuka untuk membentuk karakter menjadi lebih tangguh serta bertanggung jawab.

Di Indonesia, organisasi pramuka menjadi pendidikan non-formal mulai dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah atas bahkan sampai tingkat Universitas. Di Indonesia tingkatan pramuka dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu Penegak, Siaga, Pandega, dan Penggalang . Kegiatan pramuka lebih menekankan pada pembentukan karakter dan pengembangkan skill melalui kegiatan menarik yang dilakukan secara outdoor.

Sementara itu, di Indonesia kepramukaan atau gerakan kepanduan dibentuk pada masa perjuangan kemerdekaan yang diinisiasi oleh berbagai organisasi dan diperkuat dengan adanya peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Pramuka juga dikenal sebagai ‘scouting’ atau ‘scout movement’ dalam istilah Internasional. Jika berbicara mengenai sejarah pramuka sedunia maka tak bisa dilepaskan dari peran seorang Boden Powell yang diakui sebagai Bapak Pandu Sedunia. Boden Powell dikenal sebagai pramakarsa gerakan pramuka pada awal abad ke-20.

Sejarah organisasi pramuka di Indonesia sudah diawali mulai tahun 1912. NPO (Organisasi Nederlandsche Padvinders Organisatie) adalah organiasai bentukan Belanda yang menjadi Cikal bakal pramuka Indonesia. Kemudian organisasi tersebut merubah namanya menjadi NIPV (Nederlands-Indische Padviders Vereeniging) pada tahun 1916.

Loading...