MAKASSAR, Indotimes.co.id – Pelaksanaan penyuntikan massal Vaksinasi Program Pemerintah yang diselenggarakan oleh Pemkot Makassar dan Polresta Makassar di lingkungan RW. 09 Kelurahan  Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, pada Rabu (29/9) mendapatkan antusiasme dari para warga sekitar lokasi.

Program vaksinasi massal Kegiatan ini yang diselengagrakan tersebutmerupakan kerjasama antar instansi Tterkait, yaitu Pemkot Makassar dan Polresta Makassar, dengan melibatkan pelaksana dari Tim Nakes Dinas Kesehatan Kota Makassar, dibantu pegawai Kelurahan Sudiang Raya, personil Polsek dan Kodim Biringkanaya dan Ketua RW. 09 Sudiang Raya serta Para Ketua RT lingkungan setempat.

Peserta vaksin merupakan warga dari wilayah RW. 09 Kelurahan Sudiang Raya meliputi RT. 06, 07, 08 dan 09 dengan jumlah sekitar 300 orang. Para warga sangat antusias mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19 sejak jam 08.00 WITA terlihat mereka sudah mendatangi lokasi dengan tertib dengan terlebih dahulu melakukan registrasi menunjukan fotocopy KTP, KK dan mengisi formulir dilanjutkan pengecekan kesehatan. Selanjutnya apabila memenuhi persyaratan untuk bisa dilakukan penyuntikan vaksinasi tahap 1 maupun tahap 2 oleh Tenaga Medis.

Plh. Lurah Sudiang Raya, Andi Dudi P, SE, MM dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini meruapakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Menurutnya Pemkot bersama instansi terkait terus meningkatkan kegiatan Program Vaksinasi Massal ini, sebagai wujud komitmen pemerintah dengan tema “100 RT, 1 Hari, 100 persen”, melalui partisipasi masyarakat program vaksinasi mempercepat Makassar keluar dari Pandemi Covid-19, kesehatan masyarakat adalah utama.

Andi Dudi menambahkan, kegiatan ini bertujuan bisa meningkatkan imun bagi kesehatan warga, guna mempercepat Makassar keluar dari pandemi Covid-19. Dia juga menghimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh dari penyebaran informasi hoax dan ujaran kebencian melalui Medsos tentang vaksin.

Selain itu, lanjut Andi Dudi, pentingnya sikap masyarakat toleran saling menghormati, demokrasi dan taat kepada aturan pemerintah, serta bisa menolak pemahaman yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Salah salah seorang peserta vaksinasi, Putri Andin (20 th), ibu rumah tangga warga RT. 09 RW. 09 Kelurahan Sudiang Raya mengaku cukup senang atas pemberian vaksin Covid-19 ini,  meskipun diakuinya ada sedikit perasaan takut untuk disuntik, namun itu bisa dilewati, karena tekadnya untuk bisa terus sehat.

Dirinya juga berterima kasih kepada pihak Kelurahan Sudiang Raya yang telah memfasilitasi kegiatan vaksinasi ini, karena dengan penyuntikan vaksinasi, dirinya  dan masyarakat lainnya bisa beraktifitas kembali dan memudahkan urusan-urusan penting, apakah itu urusan keluarga maupun pekerjaan.

Bahkan kini perkantoran maupun pusat perbelanjaan/mal sudah dibuka kembali, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan mewajibkan para pengunjung memiliki sertifikat vaksin.