, Indotimes.co.id –Acara puncak Anugerah Jurnalistik Muhammad Husni Thamrin ke-48 tahun 2022 harus lebih menarik dan meriah dibanding sebelumnya. Peserta dari lomba jurnalistik kolaborasi PWI Jaya dengan Diskominfotik Pemprov ini juga jauh lebih banyak.

menyebabkan puncak acara Anugerah Jurnalistik MH Thamrin dua tahun terakhir, yakni 2020 dan 2021, dilaksanakan secara hybrid di Ruang Pola Jakarta.

Meski dihadiri langsung oleh DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan namun kemeriahan acara penyerahan kepada para pemenang lomba tetap dirasakan berkurang, dibanding tempat biasanya di Balai Agung.

Walau terbuka kemungkinan acara puncak Anugerah MH Thamrin 2022 kembali digelar secara hybrid, kombinasi langsung dan virtual, namun tetap diupayakan menggelarnya di tempat lain.

Balai Agung menjadi opsi utama. Ada usulan di JIS, Jakarta International Stadium, di bilangan Sunter.

“Boleh juga kita gelar di JIS yang sekarang lagi trend,” ujar Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, dalam rapat virtual dengan Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta, Selasa (10/5) sore.

“JIS terlalu besar,” tanggap Ika Meilani Untari dari Diskominfotik. “Harus cari opsi di tempat lain,” ujarnya.

Usulan lain, menggelarnya di ruang terbuka (outdoor) seperti kawasan milik Pemprov DKI di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

“Mungkin bisa menjadi alternatif, tinggal dibuatkan tenda,” kata Guntur Ramadhan dari Diskominfotik.

“Kita sama-sama berharap acara puncak penyerahan penghargaan kepada para pemenang Anugerah Jurnalistik MH Thamrin tahun 2022 ini bisa digelar lebih meriah, tidak lagi hybrid seperti dua tahun terakhir ini. Harapan ini bisa terwujud jika kondisinya memang sudah jauh berbeda juga, pandemi Covid-19 terus melandai,” tutur Sayid Iskandarsyah.

Acara puncak Anugerah Jurnalistik MH Thamrin ke-47 tahun 2022 ini semula diproyeksikan digelar 24 Agustus mendatang. Namun, ada kemungkinan dimajukan, ke 10 atau 12 Agustus 2022.

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin merepresentasikan dinamika pembangunan DKI Jakarta. Untuk MHT Awards ke-48 tahun 2022 ini, tetap ada 7 kategori karya jurnalistik yang dilombakan. Karya-karya tersebut dipublikasikan di media cetak, elektronik dan dalam kurun waktu antara 1 Juni 2021 hingga 31 Mei 2022.

Pada MHT Awards ke-47 tahun 2021, panitia menjaring  sebanyak 491 karya jurnalistik  dari tujuh kategori. Rinciannya,  177 kategori teks, 58  kategori foto, 95 kategori TV terrestrial, 48 kategori video TV streaming, 12 kategori radio, 49 kategori infografis, dan 52 karya kategori tajuk rencana.

Untuk lebih menggelorakan pelaksanaan MHT Awards 2022 ini, akan digelar beberapa acara pendukung seperti webinar yang melibatkan kalangan umum dan  .

“Temanya bisa dikaitkan dengan pertumbuhan Jakarta dalam interaksi , atau tema-tema lain yang relevan dengan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin,” ucap Ika Meilani Untari.

Ketua panitia MHT Awards 2022, Budi Nugraha, meyakini bisa menggelar dua webinar pada Juli dan awal Agustus mendatang.