Berbaur Bersama Ratusan Kaum Muda, Menpora Hadiri Festival Pemuda Indonesia 2023

JAKARTA, Indotimes.co.id – Ratusan kaum muda tumpah ruah menghadiri puncak Festival Pemuda Indonesia 2023, yang dihelat selama dua hari 14-15 Oktober 2023 di halaman Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Senayan, Jakarta. Puncak Festival Pemuda Indonesia 2023 ini rangkatan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda (HSP) .yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober tiap tahunnya.

“Ini adalah festival kebudayaan Indonesia sebenarnya bagian dari rangkaian bulan pemuda,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, seusai menyaksikan acara puncak Festival Pemuda Indonesia 2023 di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sabtu (14/10) petang.

Menpora mengapresiasi kehadiran pemuda khusus para generasi muda, pada hari pertama Festival Pemuda Indonesia hari ini (Sabtu, 14 Oktober 2023). Menurutnya sekitar 5000 genertasi muda atau para remaja hadir langsung di lapangan Kemenpora.

Pada acara puncak tersebut, Kemenpora mendatangkan sejumlah musisi serta seniman tanah air, guna menyemarakan kegiatan ini. “Pasti yang paling ditunggu anak-anak muda ini adalah festival musiknya. Festival musiknya akan diselenggarakan dua hari dan di Kemenpora sengaja kami bikin di sini karena sesuai dengan semangat dari awal, kami jadikan Kemenpora ini memang rumahnya anak muda. Jadi ini semacam open house Kemenpora,” lanjut menteri termuda di jajaran Kabinet saat ini (33 tahun).

“Allhamdulillah tadi hampir 5000 yang sudah turut serta menyaksikan berbagai performance di Kemenpora ini dan semoga ini bisa juga merajut silaturahmi antar sesama pemuda di semua elemen,” tandasnya.

Menpora juga berharap kegiatan serupa bisa terus berjalan untuk merajut kebersamaan antar-pemuda. “Harapan ke depan program seperti ini bisa kami turunkan lagi yang lebih spesifik karena saya rasa ini adalah program yang ringan sebatas silaturahmi, tapi nantinya kami ingin dari sini anak-anak muda yang terjangkau ini mau juga ikut program kami yang serius-serius,” imbuhnya.

Menpora menambahkan, Kemenpora terus mendukung kegiatan kepemudaan di tanha air. Banyak kegiatan kepemdaan yang dilakukan oleh Kemenpora, diantaranya program Wirausaha ada kepemimpinan bagi para pemuda begitu juga dengan program pertukaran pemuda dengan negara lain.

“Kami ada program “Indonesian Dream” yaitu pertukaran pemuda dengan negara negara lain. Kami juga ada program Wirausaha ada kepemimpinan pemuda. Ini yang kami harapkan dengan pancingan seperti ini nantinya anak-anak muda ini juga mau mencoba pengalaman baru di Kemenpora yang kami coba modifikasi,” jelas Menpora pula.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Pemuda Indonesia 2023, Alia Nur Ayu Laksono yang merupakan anak mantan Menpora Agung Laksono mengatakan bahwa selama Festival Pemuda Indonesia dari 10-15 Oktober 2023 menyelenggarakan Olahraga Prestasi dan Olahraga Rekreasi.

“Sebanyak 45 OKP bergabung dengan jumlah 400 peserta dan kompetisi olahraga profesional dan tradisional telah digelar selesai hari ini, juga ada workshop, talkshow dan sisanya festival musik. Jadi penyelenggaraan Festival Pemuda Indonesia ini bertujuan menyatukan anak-anak muda dari semua lapisan masyarakat,” pungkas Alia.