HUT Kemerdekaan RI ke-77: Menpora Harap Bangsa Indonesia Makin Optimis dan Bersatu Hadapi Berbagai Tantangan

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga  (Menpora) Zainudin Amali mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 yang diperingati pada hari Rabu 17 Agustus 2022.

Menpora  bersyukur peringatan HUT RI ke-77 ini agak berbeda dengan peringatan HUT kemerdekaan dua tahun sebelumnya. Karena saat itu masih dalam situasi pandemi covid-19 dan penyebaran kasus positifnya masih tinggi.

“Sehingga pelaksanaan HUT kemerdekaan tidak begitu meriah dan tidak begitu semarak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tapi sekarang, sejalan dengan mulai terkendalinya pandemi covid-19. Maka pemerintah sudah mulai melonggarkan dan bahkan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menghadirkan banyak orang sudah hampir normal kembali seperti ketika sebelum pandemi,” ujar Menpora.

Menurut Menpora Amali, 77 tahun kemerdekaan Indonesia, maka harapan Indonesia kedepan terbentang luas, walaupun sekarang ini tantangannya tidak ringan. Sebab, disamping masih menghadapi pandemi covid-19. Tetapi juga ada tantangan-tantangan lain terutama tantangan global di bidang ekonomi.

Disamping itu, ada tantangan situasi di kawasan, baik itu perang yang sedang terjadi di Rusia dan Ukraina maupun kawasan lain karena akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan secara global dan berdampak terhadap Indonesia.

“Tetapi saya meyakini, kita punya semangat persatuan yang luar biasa kokoh. Kita memang berasal dari beragam latar belakang. Tapi, kita terikat dengan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila yang menjadi dasar negara kita serta Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi pemandu jalannya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini,” ujarnya.

Menpora  pun berharap momen peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 makin membuat bangsa Indonesia tetap optimis, bersatu, dan bergotong-royong.

“Karena seberat apapun tantangan yang kita hadapi Insya Allah pasti kita bisa lalui. Selamat memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77. Dirgahayu Republik Indonesia,” pungkasnya.