JAKARTA,Indotimes co.id – Untuk menjawab kebutuhan industri dan mempersiapkan generasi muda dalam mengoptimalkan komunikasi transformasi digital, Institut STIAMI yang telah memperoleh SK Izin Operasional Pendirian Program Magister Ilmu Komunikasi menyelenggarakan launching sekaligus seminar nasional bertemakan “Navigating the Digital Communication, Media on Political Era 2024: Opportunities and Challenges”.

Dalam sambutannya yang dilakukan secara daring Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tunggu (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, Dr Ir Paristiyanti Nurwardani,MP mengatakan kegiatan ini bertujuan dalam rangka mempersiapkan generasi berkualitas yang siap menyongsong Era Indonesia Maju, mengeksplorasi peran penting komunikasi dan teknologi digital. Serta membangun opini publik tentang pentingnya pendidikan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Semoga di dua tahun mendatang, program ini telah menjadi program unggulan dan terbaik,” kata Dr Ir Paristiyanti Nurwardani, MP saat meresmikan Program Studi  Magister Ilmu Komunikasi Institut STIAMI, Sabtu (27/1).

Lebih lanjut Parisyanti  menegaskan dengan adanya program magister Ilmu Komunikasi ini mendorong semangat untuk terus memberikan kontribusi ilmu pengetahuan bagi para generasi muda, dan kalangan profesional pendidik di Indonesia ini. 

Untuk itu, pihaknya yakin  program magister ilmu komunikasi Institut STIAMI dapat memberikan layanan yang terbaik serta riset-riset dan pengabdian masyarakat yang sangat diperlukan untuk bidang komunikasi ini.

Paristiyanti berharap lulusan Magister Ilmu Komunikasi Institut STIAMI  tidak hanya memperoleh ijazah tapi juga memiliki sertifikasi kompetensi level nasional dan internasional terkait dengan berbagai macam kegiatan komunikasi.

Untuk itu, Institut STIAMI  juga harus bekerjasama dalam penelitian, pengembangan teknologi dalam dunia industri serta bekerjasama dengan industri terdekat dan mengembangkan ekonomi.

Sementara itu  Direktur Program Pascasarjana  Institut STIAMI Dr Yulianto, SE,MM  dan Rektor Institut STIAMI Prof Dr Wahyuddin Latunreng,MM merasa bersyukur dan bangga bahwa Institut STIAMI telah memiliki program magister ilmu komunikasi yang diharapkan dapat menghadapi tantangan Indonesia saat ini dan akan memberikan warna baru dalam program magister komunikasi di Indonesia.

Acara launching   Program Studi Magister Ilmu Komunikasi  Institut STIAMI digelar di Hotel Daily Inn Jakarta Pusat, Sabtu,(7/1).

Selain disertai seminar nasional bertemakan Navigating the Digital Communication, Media on Political Era 2024: Opportunities and Challenges. Acara peluncuran juga disertai MoU  Institut STIAMI dengan ASPIKOM Pusat, ISKI dan APPRI.

Ikut hadir Wakil  Menteri Tenaga Kerja Ir Apriansyah Noor MSI, Direktur Program Pascasarjana  Institut STIAMI Dr Yulianto,SE,MM  dan Rektor Institut STIAMI Prof Dr Wahyuddin Latunreng,MM.

Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Dr. Wulan Furrie Lenggana, M. I.Kom menyampaikan bahwa Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Institut STIAMI menyediakan konsentrasi yang relevan dan sejalan dengan perkembangan pesat dalam teknologi komunikasi yang terjadi masa kini, seperti: Strategic Corporate Communication and Government Public Relation, Digital Media Management, dan Business and Marketing Communication.

Untuk itu, lanjut Wulan, program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Institut STIAMI akan mengusung tagline “Excellent Communication for Digital and Creative Industry”. 

Dari tagline tersebut mencerminkan bahwa Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Institut STIAMI berfokus pada studi pengembangan kegiatan komunikasi terkini meliputi korporat komunikasi serta marketing komunikasi. 

Disamping itu, pengembangan keahlian program studi juga mengacu pada perkembangan komunikasi terkait globalisasi, bisnis, politik, dan seni budaya”. ujar Wulan.

Wulan juga menyampaikan bahwa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Institut STIAMI dirancang untuk memenuhi kebutuhan, merespon kebutuhan para professional industry bisnis dan kreatif digital dengan memiliki ketrampilan teoritis dan Komunikasi yang kuat dengan pengajar yang berpengalaman dan berkualitas serta memiliki keunikan untuk membuka hasanah wawasan para mahasiswa.

“Keunggulan yang kami miliki adalah perkuliahan yang dinamis, berintegritas, komprehensif sesuai dengan peminatan,” tandasnya.

Dalam kegiatan Launching Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Institut STIAMI dilaksanakan penandatangan MoU antara ASPIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi) yang diwakili oleh wakil ketua ASPIKOM Pusat Ibu Dr. Nur Kholisoh dan Rektor Institut STIAMI Prof. Dr. Ir. Wahyuddin Latunreng, MM.

Acara dilanjutkan dengan Sesi Diskusi Seminar dengan tema “Navigating The Digital Communication, Media On Political Era 2024:  menghadirkan 2 nara sumber pakar komunikasi politik yakni  Dr Gun Gun Heryanto,MSi serta Dr  Lely Ariyani,MSi di mana seminar dimoderatori langsung Kaprodi Institut STIAMi  Dr  Wulan Furrie Lenggana, M. I.Kom.