Kolaborasi Program Tahun 2024 Bakrie Amanah Bersama Yayasan di Bakrie Group

JAKARTA, Indotimes.co.id — Di samping mengembangkan bisnisnya, Bakrie Group juga membentuk lembaga sosial sebagai tanggung jawab sosial kemasyarakatan demi menciptakan hidup masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera di bidang sosial, kemanusiaan, kesehatan, pendidikan dan keagamaan.

Hal ini merupakan komitmen Bakrie Group sesuai amanat dari pendiri, yaitu H. Achmad Bakrie, yang mengatakan “Setiap rupiah yang dihasilkan Bakrie, harus bermanfaat bagi orang banyak”.

Lembaga sosial yang dibentuk Bakrie Group adalah Yayasan Bakrie Untuk Negeri yang berperan sebagai payung aktivitas sosial dari seluruh komponen Kelompok Usaha Bakrie (KUB) dan tiga Yayasan lainnya, yakni Bakrie Center Foundation, LAZNAS Bakrie Amanah, dan Yayasan Universitas Bakrie.

“Bakrie Group sejak lama sudah aktif melaksanakan program pemberdayaan sosial untuk mendukung kemajuan Tanah Air,” ungkap Direktur Eksekutif Yayasan Bakrie untuk Negeri Anindhita Anestya Bakrie.

“Hal ini sebagaimaba kita terapkan dalam slogan terbaru 82 Tahun Bakrie Group, yakni Bersama Membangun Negeri,” ucap Anindhita Anestya Bakrie, yang biasa disapa Ditha itu dalam acara Open House 2024, Rabu (21/27).

Open House ayasan Bakrie Group ini merupakan rangkaian HUT Bakrie Group yang ke-82 dan diselenggarakan sesuai dengan kampanye 82 Tahun Bakrie Group, yaitu AKSI atau Ayo Kolaborasi, yang bertujuan untuk mengajak berbagai pihak bersama-sama ikut memajukan Indonesia.

Bakrie Untuk Negeri

Bakrie Untuk Negeri adalah gerakan kelompok usaha Bakrie yang diprakarsai oleh Anindya Novyan Bakrie sejak tahun 2006. Bakrie Untuk Negeri merupakan payung aktivitas sosial seluruh komponen kelompok usaha Bakrie yang berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan kemanusiaan, lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia sesuai dengan falsafah yang diturunkan dari pendiri kelompok usaha Bakrie, H. Achmad Bakrie..

Lembaga Filantropi, Bakrie Center Foundation (BCF)

Dibentuk pada tahun 2010, bertujuan untuk mengembangkan pemimpin muda di Indonesia dan menciptakan dampak positif bagi pembangunan bangsa. BCF hadir mewakili pandangan dunia yang paham akan pentingnya pendidikan tinggi dan memberi dukungan untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Bakrie Amanah

Bakrie Amanah diresmikan sebagai LAZNAS pada tahun 2023, Bakrie Amanah didirikan bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-65 tepatnya di tahun 2010. Bakrie Amanah memiliki tekad untuk membangun sistem pengelolaan LAZNAS yang terpercaya dan mandiri serta meningkatkan kesadaraan masyarakat untuk membayar Zakat, Infaq, Sedekah & Wakaf sekaligus berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Yayasan Universitas Bakrie

Awal mula berdiri sebagai STIE Bakrie School of Management (BSM) di tahun 2006 yang hanya memiliki 1 program studi, yaitu manajemen. Lalu di tahun 2009, beralih menjadi Universitas Bakrie yang saat ini telah memiliki banyak program studi S1 di antaranya Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Politik, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Ilmu dan Teknologi Pangan dan program studi S2, Magister Manajemen dan Magister Ilmu Komunikasi.

Acara Open House 2024 Yayasan Bakrie Group berlangsung pada tanggal 21 Februari 2024, di The Bridge Function Room, Horison Suites & Residence Rasuna Said, Jakarta.

Selain untuk memperkenalkan Yayasan Bakrie Group, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk membuka kesempatan bagi Yayasan Bakrie Group menyampaikan program kerja di tahun 2024, sehingga dapat tercipta kolaborasi dan relasi positif dengan mitra maupun stakeholder di dalam serta di luar Kelompok Usaha Bakrie.

Acara ini dihadiri oleh 100 lebih undangan dari petinggi dan Insan (sebutan karyawan) Kelompok Usaha Bakrie serta berbagai mitra Yayasan. Seperti perwakilan-perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Informasi & Komunikasi, Kemenko PMK, Kemendikbud Ristek RI, Kadin Indonesia, Kementerian Agama RI, Badan Wakaf Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Kedutaan Azerbaijan, Kedutaan Hungary, Kedutaan Ireland, Kedutaan Ecuador, dan berbagai mitra penting lainnya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ditha Bakrie yang menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran seluruh tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video company profile masing-masing Yayasan serta pemaparan program dari masing-masing Yayasan.

Pemaparan Program Yayasan Bakrie Group

Universitas Bakrie jadi yang pertama melakukan pemaparan program 2024. Pemaparan disampaikan oleh Bapak Drs. Tri Pujadi Susilo, MM, Ak, CA (Wakil Rektor I Universitas Bakrie) yang menyampaikan rencana strategis UBakrie di tahun 2024 yakni Pembukaan Program Doktor Ilmu Komunikasi, Pembukaan Program Magister Teknik Sipil, Pembangunan Lantai 42.

Selanjutnya, pemaparan program 2024 dari LAZNAS Bakrie Amanah yang disampaikan oleh Yuli Wulansari (Kepala Divisi Penghimpunan & Program Bakrie Amanah). Dalam pemaparannya, terdapat 6 Core Program Yayasan Bakrie Amanah, yakni Kemitraan Untuk Negeri, Cerdas Untuk Negeri, Siaga Untuk Negeri, Dakwah Untuk Negeri, Sehat Untuk Negeri, dan Wakaf Untuk Negeri.

Pemaparan program 2024 ditutup oleh Bakrie Center Foundation yang disampaikan oleh Jimmy Gani (CEO Bakrie Center Foundation). BCF memiliki 4 Existing Program yang terdiri dari Campus Leaders Program, Leadership Experience & Development Program (LEAD Indonesia), Sustainable Development Initiatives, Home of Leaders (Ikatan Alumni Bakrie Center Foundation).

Selesai semua pemaparan program 2024 Yayasan Bakrie Group, diadakan juga sesi tanya jawab bagi tamu undangan yang hadir untuk masing-masing Yayasan. Kemudian acara ditutup dengan Networking Session.

Terakhir, Ditha Bakrie juga menyampaikan harapan dari diselenggarakannya acara ini, “Saya berharap melalui acara Open House 2024 Yayasan Bakrie Group ini, bisa memfasilitasi antara Yayasan Bakrie Group dan para mitra serta stakeholder agar tercipta relasi dan kolaborasi yang positif bagi kemajuan Indonesia.