JAKARTA, Indotimes.co.id  – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali secara resmi melepas kepulangan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2021 di Gor POPKI Cibubur, Jumat (20/8) malam. Menpora berpesan agar  mereka tetap menjaga perilaku dan menerapkan apa yang sudah didapatkan selama masa Diklat,setelah kembali ke daerah masing-masing

Dalam arahannya, Zainudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota Paskibraka 2021 karena menjalani tugasnya dengan baik mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih dan menjalani Diklat dengan dengan sungguh-sungguh.

“Terimakasih karena kalian sudah menjalani Diklat di tempat ini hampir sebulan dan tidak ada hal yang membuat Diklat itu terganggu. Itu berarti kalian menjalani Diklat, mematuhi semua yang diperintahkan oleh pelatih dan pembina dengan sungguh-sungguh. Makanya saya datang kesini mau terimakasih,” ujar Zainudin.

Zainudin  juga mengingatkan bahwa mereka semua adalah orang-orang pilihan yang dipercaya mewakili provinsi masing-masing. Dengan demikian, para anggota Paskibraka 2021 diminta untuk menjaga perilaku dan menerapkan apa yang sudah didapatkan selama masa Diklat setelah kembali ke daerah masing-masing.

Baca juga :  Pameran Telefikom Fotografi Moestopo, Statum, Realita Dibalik Persepsi Sosial

“Juga ada tugas berapa hari yang lalu di Istana. Kalian sudah dikukuhkan menjadi Duta Pancasila. Jadi tugas kalian jangan sampai diantara kalian malah tiba-tiba ada yang perilaku perilaku menyimpang. Semua Purna Paskibraka kita monitor bagaimana perjalanan kalian di daerah,” tandasnya.

Secara sepesifik, menteri asal Gorontalo ini berpesan agar  para anggota Paskibraka  menjauhi narkoba. Pasalnya, setelah mereka kembali ke daerah masing-masing akan mendapatkan banyak godaan dari teman-teman seusianya.

“Saya ingin pesan spesifik bahaya narkoba dimana-mana usia-usia kalian, adalah usia-usia sangat rawan. Mungkin tidak dari diri kalian tetapi dari godaan kiri-kanan, begitu ada godaan itu langsung ingat, saya purna paskibraka, saya pernah bertugas di Istana, saya nggak mau dan hal-hal negatif lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Niam Sholeh melaporkan bahwa seluruh rangkaian Diklat Paskibraka 2021 yang dimulai 25 Juli sampai 20 Agustus berjalan lancar.

Baca juga :  Catatan Akhir Tahun Pelita Keadilan: Sengketa Tanah dan Masalah Perburuhan Makin Marak

Menurut Niam, selain menjalankan tugas menaikan dan menurunkan Bendera Pusaka pada RI ke-76 di Istana merdeka pada tanggal 17 Agustus lalu, anggota Paskibraka 2021 telah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan antara lain melakukan kunjungan virtual dengan Mabes , bersilaturahim dengan Direksi PT Bank BRI, Bank Mandiri dan media penyiaran.

Niam berharap para anggota Paskibraka 2021 ini terus menjaga kekompakan kita dan menjalin silaturahim dengan Kemenpora dan sesama Paskibraka melalui jejaring media sosial “Sehingga ketika ada informasi informasi mutakhir bisa diperoleh dalam kesempatan pertama,” pungkasnya.