LAMPUNG, Indotimes.co.id – Menteri dan Sandiaga Uno mengatakan World Surf League (WSL)  Krui Pro 2022 merupakan salah satu upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi .

Hal tersebut dikatakan saat membuka liga selancar dunia tersebut di Tanjung Setia, Pesisir Barat, Lampung, Sabtu (11/06).
“Pak Bupati Pesisir Barat datang langsung ke Kemenparekraf untuk memastikan dukungan semua atas kebangkitan ekonomi kita, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui Krui Pro 2022 ini,” kata Sandi.

Sandi mengatakan, Pesisir Barat, Lampung merupakan salah satu spot surfing terbaik di dunia yang harus diperkenalkan kepada dunia dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.
“Wisata ini perlu kita kembangkan dan perkenalkan kepada dunia, tidak usah bangun sirkuit yang mahal, Allah sudah memberikan alam yang bagus untuk kita manfaatkan bersama dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat” ujarnya.

Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Direktur Informasi dan Komunikasi dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Subianto, serta tamu undangan lainnya.

Mendukung Kegiatan Tersebut.

Menurut Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim dibukanya kembali pelaksanaan agenda kepariwisataan pada Kalender Event Pariwisata Lampung tahun 2022 menjadi kabar baik bangkitnya sektor pariwisata akibat pandemi Covid19.

“Festival seperti ini sangat baik, dan daya ungkitnya untuk kesejahteraan luar biasa, ekomomi kreatif bangkit, permintaan hotel meningkat dan diharapkan menjadi tahun kebangkitan bersama, tahun mendatang bisa pulih lagi” katanya.

Senada dengan Wakil Gubernur, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Krui Pro 3 merupakan bentuk kekompakan bersama demi meningkatkan citra pariwisata Indonesia kepada dunia.

“Program Krui Pro 3 Lampung merupakan kegiatan bersama, tanpa dukungan dan kekompakan kita, apapun yang kita laksanakan tidak akan berhasil” ucapnya.

Bupati menyampaikan bahwa pihaknya masih membutuhkan bantuan pemerintah pusat untuk mendukung kegiatan tahun berikutnya untuk melaksanakan kegiatan Krui Pro 3 QS 10.000.

“Kegiatan Krui Pro 3 QS 5.000 ini menyongsong QS 10.000, kedepan kami butuh perhatian, karena kami yakin ekonomi kreatif akan berkembang dan bangkit di Pesisir Barat,” ujar Bupati.

Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim , Septriana Tangkary menyatakan, WSL ini adalah suatu program yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya di masing-masing kabupaten/kota. Ada 130.000 yang ada di Lampung dan ini merupakan suatu peluang bagi UMKM Lampung untuk bisa membangun pasar digital.

“Kominfo sebagai Government Public Relation juga mendukung seluruh Kementerian// untuk bisa mensosialisasikan program-programnya sehingga masyarakat Indonesia paham program-program prioritas,” ujar Septriana seraya mendampingi Menparekraf meninjau lokasi pameran UMKM di sela-sela pembukaan WSL Krui Pro tersebut.

Kegiatan WSL Krui Pro 3 WSL QS 5000 merupakan kegiatan liga selancar dunia yang dilaksanakan pada tanggal 11–17 Juni 2022 dan diikuti oleh 218 peserta dari 17 negara di dunia.