PONOROGO, Indotimes.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Baca juga :  Sinergi Anak Usaha Pertamina Angkut Minyak Mentah Blok Cepu

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Ponorogo. Acara dimulai pukul 09.00 WIB secara virtual menggunakan platform Zoom. Acara dipimpin oleh Moderator, Kharisma Khodija Kusnadi, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Firdaus Rahman, A.Md.A, Faisal Johan Atletiko, S. Kom, MT, Wirdhatul Muslihatin, M.Si, Nur Aini Rakhmawati, S.Kom,Msc.eng, PhD dan Praseno Nugroho.  Tercatat jumlah peserta yang mengikuti acara ini sejumlah 611.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Indonesia Makin Cakap Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital. Dengan jumlah 611 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber. Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Firdaus Rahman, A.Md.A adalah Untuk anak-anak usia SD, bagaimana menanamkan paradigma budaya konsumtif ini bisa diubah ke produktif dalam pemanfaatan digital?. Dan pada saat itu Firdaus Rahman, A.Md.A langsung memberikan jawaban untuk anak2 sudah jelas pola pendidikan mengacu pada contoh. contoh dari ortu penting sekali. jangan lupa anak2 untuk dipantau, kasih waktu yang jelas untuk anak kapan menggunakan gadget. penting untuk memberi pemahanman di awal penting sekali untuk memberi peraturan do and don’t(s). harus diawasi juga.

Baca juga :  Wagub Papua Wafat, Airlangga: Golkar Kehilangan Putra Terbaiknya

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.

Terima kasih kami haturkan untuk gotong royong seluruh pihak yang telah mengabarkan, mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi Digital dan terima kasih.